$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Timor Leste Dibohongi Australia,Warga Australia Ungkap Borok Australia Mencuri Kekayaan Bumi Lorosae

foto: liputan6 GELORABANGSA - Timor Leste semasa masih menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) dengan nanama Timor...

foto: liputan6


GELORABANGSA - Timor Leste semasa masih menjadi bagian Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) dengan nanama Timor Timur dilindungi penuh oleh Indonesia termasuk semua kekayaan

Australia yang sudah menguncak minyak , gas dan helium di perairan Timor tak berbuat banyak lantaran takut di hajar Indonesia

Untuk itu pula, Australia berjuang mati-matian memperngaruhi dunia internasional dengan isu hak asasi manusa di Timor Leste agar menekan Indonesia

Hasilnya, diselenggarakan jejak pendapat di Timor Leste. Pelaksaan jejak pendapat yang penuh kecurangan yang dimotori Australia itu menghasilkan tiga perempat penduduk Timor Leste memilih menolak otonomi khsusu yang ditawarkan pemerintah Indonesia

Pemerintah Indonesia termasuk TNI Polri akhirnya berangsur meninggalkan bimi Lorosae sejak September 1999

Dan, Timor Leste diakui sebagai negara merdeka pada tanggal 20 Mei 2002.

Seperti kita ketahui bersama, merdekanya Timor Leste tak lepas dari pengaruh beberapa negara seperti, Australia dan Portugal.

Australia merupakan satu negara yang paling getol menginginkan kemerdekaan Timor Leste

Namun di balik itu semua ternyata ada udang di balik batu, Australia menginginkan sesuatu yang besar dari Bumi Lorosae seperti dilansir dari Greenleft.org.au.

Seorang warga Australia, Bernard Collaery , yang dikenal sebagai pendukung hukum Timor Leste se

Mengatakan, bahwa di pihak pemerintah Australia secara berturut-turut mereka telah mengincar dan mencuri sumber daya negara itu secara ilegal dan tak bermoral.

Dia telah menjadi temandan penasihat pemimpin kemerdekaan Timor Leste,  Xanana Gusmao , penasihat Saksi K, dan mata-mata yang membocorkan informasi tentang penyadapan Australia di ruang kabinet Timor Leste.

Dia juga membela dalam persidangan tertutup, terhadap tuduhan menerima orang Australia secara tidak benar dalam dokumen rahasia.

Secara terbuka dia telah menunjukkan borok Australia yang selalu memandang Bumi Lorosae sebagai obyek pasif.

Menurutnya tindakan Australia menjadikan Timor Leste sebagai obyek sapi perahan adalah nyata, negeri itu dirampok habis-habisan dari sumber daya petrokimia, baik untuk rezim buruh maupun liberal.

Timor Leste memang merupakan koloni Portugis, namun Australia memiliki kebijakan lama untuk menguasai Laut Timor secara sembunyi-sembunyi.

Australia secara ilegal mengeluarkan izin ekplorasi minyak yang merambah perairan Portugis.

Seperti yang diperlihatkan Collaery, dia berpendapat helium yang terkandung dalam cadangan milik Timor Leste sangat diinginkan Australia.

Bahkan hal itu melebihi minyak dan gas alam milik Timor Leste.

Helium adalah bahan sterategis, berharga mahal.

Para Menteri Australia sengaja menyembunyikan informasi keberadaan Helium saat bernegosiasi dengan kepemimpinan Timor Leste pasca kemerdekaan.

Bahwa helium bisa memperkaya perusahaan yang terlibat bagi Australia.

Collaery menjelaskan, sangat penting bagi warga Australia untuk menyadari sejauh mana amoralitas, ketidakjujuran, dan kolusi dari penguasanya.

Hal itu jika diteruskan bisa menghancurkan kehidupan orang Timor Leste, dengan tidak berperasaan.

Collaery adalah pengacara seumur hidup yang menjabat sebagai wakil ketua Menteri dan Jaksa Agung di pemerintahan ACT.

Dia gagal sebagai penulis, karena lebih banyak mengeksplorasi hukum daripada narasinya

Sebagai orang Australia dia adalah teman dekat dan orang kepercayaan Xanana Gusmao, yang bertahun-tahun terlibat konflik politik dengan pemimpin Fretilin, Mary Alkatiri.

Alkatiri digambarkan ingin mendapatkan sejumlah dana pemerintah untuk membangun Timor Leste, dan bernegosiasi dengan Australia.

Sayangnya mereka justru dirampok sementara tak satupun PBB yang mengakui tipu muslihat pemerintah Australia.

Menurut Collaery, cerita ini harus disiarkan ke seluruh dunia, menganggapnya sebagai sumber yang baik untuk menusuk kelas penguasa Australia.

Sumber: tribunnews


Name

Berita,4192,Internasional,259,Nasional,3750,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Timor Leste Dibohongi Australia,Warga Australia Ungkap Borok Australia Mencuri Kekayaan Bumi Lorosae
Timor Leste Dibohongi Australia,Warga Australia Ungkap Borok Australia Mencuri Kekayaan Bumi Lorosae
https://1.bp.blogspot.com/-co6WhciTRxA/Xz80zBfv4aI/AAAAAAAAMOc/pArC_PN5if4u08V0ny7Tqp7rwj1d7e1CACLcBGAsYHQ/s640/091775500_1572936570-miskin1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-co6WhciTRxA/Xz80zBfv4aI/AAAAAAAAMOc/pArC_PN5if4u08V0ny7Tqp7rwj1d7e1CACLcBGAsYHQ/s72-c/091775500_1572936570-miskin1.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/timor-leste-dibohongi-australiawarga.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/timor-leste-dibohongi-australiawarga.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy