$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Gatot Nurmantyo Akui Tokoh KAMI Memang Sakit Hati

GELORABANGSA - Mantan Panglima TNI, jenderal purnawirawan Gatot Nurmantyo membeberkan alasannya tampil menjadi deklarator Koalisi Aksi ...



GELORABANGSA - Mantan Panglima TNI, jenderal purnawirawan Gatot Nurmantyo membeberkan alasannya tampil menjadi deklarator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia atau KAMI setelah berdiam diri sejak 2017.

Gatot mengaku tidak bisa berdiam diri lagi saat mengetahui DPR sedang membahas Rancangan Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

“Saya terkejut begitu ada RUU HIP. Terkejutnya begini bahwa saya 38 tahun yang lalu saya pernah bersumpah. Inti sumpahnya, demi Allah saya bersumpah akan selalu setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” kata Gatot Nurmantyo dalam ILC TvOne, Selasa (18/8).

Meskipun sudah purnawirawan, Gatot mengaku masih terikat dengan sumpah itu sampai ajal menjemput kelak.

Gatot kemudian membeberkan kronologi terbentuknya KAMI. Awalnya, kata Gatot, ia bertemu dengan beberapa tokoh buntuk berdiskusi.

Gatot berdiskusi dengan Din Syamsuddin, Kaban, Abdullah Hemahua, Said Didu, Ahmad Yani, dan sejumlah tokoh lainnya. Dari diskusi kelompok kecil itulah muncul ide membentuk KAMI.

Gatot mengakui bahwa para tokoh KAMI memang sakit hati melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesia yang memprihatinkan.

“Ini semuanya (tokoh KAMI) memang kita sakit hati. Sakit hatinya adalah dalam kondisi situasi seperti ini, kondisinya seperti ini. Maka kita bersama-sama menyampaikan suara hati nurani rakyat, kondisi sekarang ini tidak normal memang,” ucapnya.

Menurut Gatot, pandemi Covid-19 menyebabkan pembekuan di mana-mana. Proses pembekuan terjadi antara murid dengan guru, mahasiswa dengan dosen, manager dengan pekerja, pemilik hotel dengan tamu.

“Akumulasi ini bisa menyebabkan pembekuan antara rakyat dengan pemerintah. Inilah yang berbahaya, makanya harus diingatkan. Kita tidak mau dalam kondisi seperti ini kita diam-diam saja,” ucap Gatot.

Dikatakan Gatot, KAMI hadir untuk menyuarakan aspirasi rakyat, mengingatkan pemerintah dan mencari solusi.

Ia mengungkit ketika berbicara di depan mahasiswa pasca sarjana Universitas pada 10 Maret 2014. Saat itu, Gatot masih menjabat Pangkostrad.

Di depan civitas akademika Universitas Indonesia, Gatot bertanya kepada mahasiswa pasca sarjana.

“Seandainya kamu sebagai presiden di negara bukan NKRI, dari analisa ahli-ahlimu bahwa negaramu akan menjadi krisis, krisi pangan, krisi energi, krisis air, kemudian melihat ada Indonesia, yang bisa menyelamatkan negaramu karena dia punya potensi, apa yang harus lakukan?,” tanya Gatot ketika itu.

Mahasiswa S2 kemudian menjawab bahwa dia akan membeli undang-undang di DPR.

“Di DPR kan komisinya hanya sedikit pak. Kalau (merancang) sebuah UU, kita siram aja uang sekian, bisa kok,” kata Gatot menirukan jawaban mahasiswa UI.

“Kita menciptakan agen-agen untuk menjadi pimpinan untuk menjadi boneka-boneka kita. Jadikan Indonesia sebagai negara pasar. Adu TNI dan Polri, kerdilkan,” tambah Gatot.

Menurut Gatot, jawaban dari mahasiswa S2 UI itu sebagiannya sudah terjadi sekarang ini.

Dikatakan Gatot, pada 24 Oktober 2017, dia berbicara Istana. Ia mengingatkan agar Indonesia mewaspadai kemungkinan senjata biologi yang dapat melumpuhkan suatu negara dan bisa menyebabkan epidemi.

“Saya tidak mengatakan apa yang saya sampaikan benar, tapi itu kejadian sekarang ini,” tandas Gatot Nurmantyo.

Sumber: pojoksatu


Name

Berita,4194,Internasional,259,Nasional,3752,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Gatot Nurmantyo Akui Tokoh KAMI Memang Sakit Hati
Gatot Nurmantyo Akui Tokoh KAMI Memang Sakit Hati
https://1.bp.blogspot.com/-7eYBeAYaM8g/Xzy3c1oLCnI/AAAAAAAAMJ8/G8UPf0X7hg8LsY22HX3QVLrFF9wlHOInwCLcBGAsYHQ/s640/91c31e6f9ef671784e98a5c546262dc5.webp
https://1.bp.blogspot.com/-7eYBeAYaM8g/Xzy3c1oLCnI/AAAAAAAAMJ8/G8UPf0X7hg8LsY22HX3QVLrFF9wlHOInwCLcBGAsYHQ/s72-c/91c31e6f9ef671784e98a5c546262dc5.webp
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/gatot-nurmantyo-akui-tokoh-kami-memang.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/gatot-nurmantyo-akui-tokoh-kami-memang.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy