$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Bedah Simbol Salib Spanduk HUT RI dari Ilmu Grafis, Desainer Merasa Sedih

GELORABANGSA - Narasi simbol salib pada grafis spanduk HUT RI ke-75 menjadi perhatian berbagai kalangan. Dari ormas, ulama sampai desa...




GELORABANGSA - Narasi simbol salib pada grafis spanduk HUT RI ke-75 menjadi perhatian berbagai kalangan. Dari ormas, ulama sampai desainer.

Spanduk HUT RI tersebut merupakan karya desain, atas polemik simbol salib yang muncul, seorang desainer grafis bedah simbol salib di spanduk HUT RI tersebut.

Seorang desainer grafis membedah spanduk HUT RI tersebut dari sudut pandang ilmu grafis.

Kementerian Sekretariat Negara sudah menyampaikan penjelasan logo, grafis itu merupakan perwujudan filosofis dari angka 75, tapi ada saja yang punya sudut pandang lain.

Akun desainer grafis, @ardidudidu menuliskan sesuai penjelasan logo dari Kemensetneg, supergrafis yang dituding mengandung simbol salib itu terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun, yang mana dipecah menjadi 10 bagian.

Desainer itu menjelaskan jika dipecah, 10 elemen itu akan memunculkan susunan elemen yang berbentuk simbol tambah (+).

“Untuk pengaplikasiannya, supergraphic ini disebut cukup fleksibel karena bersifat abstrak yg merupakan rakitan dari 10 pecahan yg menjadi 1 kesatuan bentuk,” tulis akun tersebut dikutip Kamis 13 Agustus 2020.

Sedih

Sebagai desainer grafis, akun @ardidudidu mengaku prihatin dengan tudingan karya grafis spanduk HUT RI ke-75 itu disusupi simbol agama. Menurutnya penting untuk memadang suatu hal dari berbagai sudut pandang.

“Sebagai desainer grafis, gua ngerasa sedih karena karya seindah ini dituding ‘disusupi’ oleh kepentingan agama. Itulah mengapa penting banget memandang suatu hal dari beragam perspektif. Kalo mau merasa benar terus, hidup aja di Planet Namex,” tulisnya.

Kepada yang punya pandangan spanduk HUT RI itu mengandung simbol salib dan menuntut pengubahan, akun ini merasa pandangan itu adalah bentuk misinformasi.

“Ini namanya misinformasi. Memandang suatu bentuk dengan mengaitkan dengan bentuk yang lain. Lalu, selama ini belajar matematika dengan tanda (+) berarti menggunakan simbol salib? Jadi, ilmu matematika dikuasai dan diatur dengan menempatkan tanda salib di dalamnya dong?” tulis akun itu menanggapi surat terbuka protes simbol salib.

Sumber: hops


Name

Berita,4176,Internasional,259,Nasional,3734,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Bedah Simbol Salib Spanduk HUT RI dari Ilmu Grafis, Desainer Merasa Sedih
Bedah Simbol Salib Spanduk HUT RI dari Ilmu Grafis, Desainer Merasa Sedih
https://1.bp.blogspot.com/-dHwoj0TsixQ/XzVGorncl2I/AAAAAAAAL5U/Bh0IouZVhugSN_3gEQ0ktqtqVrPCwDpOACLcBGAsYHQ/s640/578f347615d0bb2baebfcdfbf2ab7886.webp
https://1.bp.blogspot.com/-dHwoj0TsixQ/XzVGorncl2I/AAAAAAAAL5U/Bh0IouZVhugSN_3gEQ0ktqtqVrPCwDpOACLcBGAsYHQ/s72-c/578f347615d0bb2baebfcdfbf2ab7886.webp
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/bedah-simbol-salib-spanduk-hut-ri-dari.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/bedah-simbol-salib-spanduk-hut-ri-dari.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy