$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Bank Dunia dan IMF Ramalkan Indonesia Jadi Salah Satu Raksasa Ekonomi Dunia dalam 4 Tahun ke Depan

GELORABANGSA - Indonesia diprediksi menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-5 di dunia di tahun 2024. Namun pencapaian ter...





GELORABANGSA - Indonesia diprediksi menjadi negara dengan perekonomian terbesar ke-5 di dunia di tahun 2024.

Namun pencapaian tersebut bergantung pada bagaimana Indonesia berjuang melawan pandemi Covid-19 saat ini.

"Kerja keras Indonesia dalam penanganan Covid-19 pada tahun 2020 akan sangat menentukan pemulihan di tahun-tahun berikutnya,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam siaran pers, Rabu (22/7/2020).

Menurut dia, secara umum di tahun 2024 akan terjadi pergeseran susunan perekonomian terbesar di dunia.

Asia akan semakin mendominasi posisi 5 teratas, menggeser posisi beberapa negara Eropa.

Saat ini China dan Jepang menduduki posisi 5 besar. Sementara Indonesia dan India diprediksi akan menggantikan posisi Inggris dan Jerman pada tahun 2024.

Selain dimulai dari upaya penanganan Covid-19 di tahun 2020, salah satu alasan dibalik pergeseran dominasi ekonomi ini adalah pertumbuhan kelompok kelas menengah di Asia.

"Selain kelas menengah, sisi demografi juga berkontribusi positif pada pergeseran dominasi Asia," jelas dia.

Menurut Forum Ekonomi Dunia (WEF), saat China melandai pertumbuhannya seiring populasi penduduknya yang menua, negara-neraga seperti Indonesia, Filipina, dan Malaysia diharapkan bisa menjadi jawara perekonomian Asia dengan motor pertumbuhan berupa meningkatnya angkatan kerja.

Perkiraan susunan ekonomi terbesar di dunia tersebut menggunakan perbandingan proyeksi pertumbuhan ekonomi beberapa tahun ke depan, termasuk tahun 2020 serta proses pemulihan ekonomi di tahun-tahun berikutnya.

Berdasarkan proyeksi Bank Dunia dan IMF, beberapa negara dengan PDB terbesar di tahun 2020 diprediksi akan mengalami pertumbuhan negatif, seperti AS (-6,1 persen, yoy), Jepang (-6,1 persen, yoy), Jerman (-7,8 persen, yoy), dan Brazil (-8,0 persen, yoy).

Sementara prediksi pertumbuhan ekonomi tahun 2020 negara-negara Asia juga sangat rendah, bahkan 3 negara diperkirakan tumbuh negatif yaitu Malaysia (-3,1 persen yoy), Thailand (-5,0 persen yoy) dan Filipina (-1,9 persen yoy).

Meskipun lebih baik dari negara Asia lainnya, Indonesia dan China juga tertekan dengan pertumbuhan ekonomi 0 persen (yoy) dan 1 persen (yoy).

"Prediksi ini perlu kita syukuri dan perlakukan sebagai motivasi bagi Indonesia. Kebijakan yang tepat dalam rangka penanganan pandemi Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional adalah kuncinya," tambah dia.

Dengan demikian, diharapkan dampak krisis dapat diminimalisasi, perekonomian segera bangkit, dan Indonesia dapat terus merealisasikan aspirasinya menjadi perekonomian besar dan maju di dunia.

Media asing sangat jarang memberitakan negara selain Amerika Serikat, terutama media Inggris.

Memang, ketertarikan utama sebuah pemberitaan adalah mengenai negaranya sendiri, dan seringnya memberitakan negara lain menghabiskan banyak uang dan seringnya berbahaya.

Namun, ada beberapa negara yang paling sedikit diberitakan daripada negara lain.

Contohnya adalah untuk berpuluh-puluh tahun, China selalu dianggap sebelah mata.

Namun, China dan Timur Tengah mulai memperkuat posisi mereka secara ekonomi maupun militer mulai lima atau 10 tahun lalu sehingga perhatian dunia pun tertuju kepada mereka.

Selanjutnya ada India, yang pada dekade ini sedang menjadi negara dengan populasi terbesar di dunia sehingga perhatian dunia pun mulai diarahkan kepada negara tersebut.

Namun India dan China bukanlah negara yang paling jarang diberitakan di dunia, disebutkan ada negara lain yang seharusnya sudah bisa mengambil posisi mentereng seperti AS yang diberitakan di semua media internasional.

Dan negara tersebut, mengutip unherd.com, rupanya adalah negara kita, Indonesia.

Untuk mengakui klaim tersebut, Anda perlu melihat daftar dari Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum).

Daftar itu tunjukkan peringkat 10 besar ekonomi terbesar dunia yang telah berubah sejak 1992, termasuk proyeksi untuk tahun 2024 ke depan.

Peringkat itu didasarkan dari Gross Domestic Product (GDP) atau pendapatan kotor masing-masing negara, dan di peringkat itu ditunjukkan jika pada tahun 2024 Indonesia bisa menduduki peringkat kelima dari 10 besar negara dengan ekonomi terbesar dunia.

Peringkat 10 besar ekonomi terbesar di dunia pada 1992, 2008 dan proyeksi pada 2024 mendatang
Peringkat 10 besar ekonomi terbesar di dunia pada 1992, 2008 dan proyeksi pada 2024 mendatang
Artinya, empat tahun lagi ekonomi Indonesia bisa berkembang, bersaing dengan China, AS, India, dan Jepang.

Serta, Indonesia bisa menyalip Rusia, Jerman, Brasil, Inggris dan bahkan Perancis.

Menakjubkan, bukan? Lalu mengapa Indonesia selalu seperti 'di bawah radar' atau secara kasar, diremehkan?

Padahal melihat peringkat di tahun 1992 dan 2008, Indonesia belum menduduki posisi 10 besar perekonomian terbesar di dunia.

Negara kita, dengan 270 juta penduduk dan mungkin akan bertambah menjadi 280 juta penduduk pada 2024, dengan populasi Muslim terbesar di dunia, yang merupakan negara kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau dan membentang lebih dari 3000 mil (4.828 km) dari barat ke timur.

Dan di tahun 2024, Indonesia kemungkinan besar akan menjadi raksasa ekonomi dunia juga.

Padahal, bisa kita hitung berapa pemberitaan luar negeri tentang Indonesia dan pastinya banyak yang tidak mengerti posisi Indonesia di peta dunia.

Jangankan itu, nama Presiden Joko Widodo pun masih asing bagi mereka.

Memang sudah banyak turis yang bisa mengunjungi 3 pulau terkenal di Indonesia yaitu Jawa, Sumatra dan Bali.

Namun masih banyak yang tidak tahu jika pulau Jawa adalah pulau yang dihuni paling banyak penduduk Indonesia.

Bahkan, pulau Jawa adalah pulau paling padat penduduk di planet Bumi, dengan lebih dari 140 juta orang hidup di pulau Jawa.

Jika cerita terbesar untuk abad ke-21 adalah permusuhan antara China dan AS, maka Asia-Pasifik akan menjadi panggung utama.

Tentunya, hal tersebut akan menjadi momentum Indonesia mendapatkan perhatian yang memang pantas bagi negara kita.

Sumber: fotokita


Name

Berita,4176,Internasional,259,Nasional,3734,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Bank Dunia dan IMF Ramalkan Indonesia Jadi Salah Satu Raksasa Ekonomi Dunia dalam 4 Tahun ke Depan
Bank Dunia dan IMF Ramalkan Indonesia Jadi Salah Satu Raksasa Ekonomi Dunia dalam 4 Tahun ke Depan
https://1.bp.blogspot.com/--HULgR35CaE/XzSNfWuus_I/AAAAAAAAL3M/TDkZGqe7MXUNBtoo02UxKpv_yUjsGBuxQCLcBGAsYHQ/s640/20200813_084630.jpg
https://1.bp.blogspot.com/--HULgR35CaE/XzSNfWuus_I/AAAAAAAAL3M/TDkZGqe7MXUNBtoo02UxKpv_yUjsGBuxQCLcBGAsYHQ/s72-c/20200813_084630.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/bank-dunia-dan-imf-ramalkan-indonesia.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/08/bank-dunia-dan-imf-ramalkan-indonesia.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy