$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Erdogan Undang Paus Francis, untuk Resmikan Hagia Sophia Jadi Masjid Jumat Besok

GELORABANGSA - Dalam rangka peresmian Hagia Sophia kembali dijadikan Masjid, Pemerintah Turki akan mengundang Paus Francis ke negaranya...



GELORABANGSA - Dalam rangka peresmian Hagia Sophia kembali dijadikan Masjid, Pemerintah Turki akan mengundang Paus Francis ke negaranya.

Para pemimpin negara tetangga lainnya juga diundang ke tempat bersejarah tersebut.

Dilansir Al Arabiy, pada Kamis 23 Juli 2020, Paus Francis menjadi salah satu dari sejumlah pemimpin dunia yang diundang oleh Turki ke acara peresmian Hagia Sophia kembali menjadi Masjid.

Menurut juru bicara kepresidenan Ibrahim Kalin, Paus Francis diundang untuk menghadiri upacara bersejarah bersama 1.000 hingga 1.500 orang yang diharapkan dapat menghadiri salat Jumat besok, 24 Juli 2020.

Acara tersebut diadakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan saat pandemi Covid-19 seperti wajib mengenakan masker dan jaga jarak.

Laporan Hurriyet Daily News menyebutkan bahwa presiden dari negara tetangga seperti Azerbaijan dan Qatar juga diundang ke acara tersebut.

Selain dari Presiden Recep Tayyip Erdoan, pemimpin Partai Gerakan Nasionalis (MHP) Devlet Bah├želi, wakil dan anggota Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa dan jajaran menteri juga diperkirakan akan menghadiri salat Jumat tersebut.

Belum ada keterangan apakah Paus Francis akan menghadiri acara tersebut. Pihak Vatikan juga belum mengomentari undangan yang diberikan.

Paus Francis sempat mengungkapkan kesedihannya atas keputusan Turki mengubah situs bersejarah Hagia Sophia menjadi Masjid dan dijadikan tempat ibadah bagi umat muslim.

"Pikiranku pergi ke Istanbul. Aku memikirkan Hagia Sophia dan aku sangat sedih," katanya.

Hagia Sophia pertama kali dibangun sebagai gereja katedral oleh Kerajaan Bizantium Kristen.

Kemudian diubah menjadi Masjid setelah penaklukan Ottoman atas Istanbul pada tahun 1453 tetapi menjadi museum sebagai bagian dari upaya sekularisasi yang dipimpin oleh Mustafa Kamal Ataturk, pendiri Republik Turki modern.

Hagia Sophia juga menjadi salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Turki dan menjadi salah satu situs warisan dunia.

Sumber: ringtimes


Name

Berita,5306,Internasional,278,Nasional,4845,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Erdogan Undang Paus Francis, untuk Resmikan Hagia Sophia Jadi Masjid Jumat Besok
Erdogan Undang Paus Francis, untuk Resmikan Hagia Sophia Jadi Masjid Jumat Besok
https://1.bp.blogspot.com/-Gvwd2mdOCFY/XxmkFrHDwXI/AAAAAAAAK1c/LRNaXJhCzt4Szr8--unZykwO-8WRlal7ACLcBGAsYHQ/s640/681663222.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Gvwd2mdOCFY/XxmkFrHDwXI/AAAAAAAAK1c/LRNaXJhCzt4Szr8--unZykwO-8WRlal7ACLcBGAsYHQ/s72-c/681663222.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/07/erdogan-undang-paus-francis-untuk.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/07/erdogan-undang-paus-francis-untuk.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy