$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Cek Fakta: Benarkah Ini Foto Massa Bayaran Setelah Apel Ganyang PKI di Tengah Covid-19?

GELORABANGSA - Beredar foto yang diklaim massa bayaran FPI setelah apel ganyang PKI. Foto tersebut dibagikan akun Facebook Bahsurip S...



GELORABANGSA - Beredar foto yang diklaim massa bayaran FPI setelah apel ganyang PKI.

Foto tersebut dibagikan akun Facebook Bahsurip Surip, pada 6 Juli 2020.

Foto tersebut menampilkan seorang yang mengenakan ikat kepala soraban sedang mengambil uang dari amplop putih yang dipegangnya.

Orang tersebut sedang berdialog dengan tiga orang dihadapannya, salah satu orang tersebut mengenakan seragam putih mengenakan baret putih berlogo FPI.

Pada unggahan foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"habis apel ganyang PKI ga perduli kovid2an yang penting dapur ngebul 😁😁"

Benarkah klaim foto massa bayaran FPI setelah apel ganyang PKI? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai massa bayaran FPI setelah apel ganyang PKI, dengan menggunakan Google Image.

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Foto Bagi-bagi Uang ke Pendemo Viral di Medsos, Ini Kata Munarman" yang dimuat situs news.detik.com, pada 17 November 2016. Artikel tersebut memuat foto yang identik dengan klaim.

Artikel tersebut menyebutkan, beberapa hari setelah demo 4 November, beredar foto-foto Jubir Front Pembela Islam (FPI) Munarman membagi-bagikan uang ke sejumlah pendemo, di media sosial. Sejumlah netizen menuding aksi itu adalah demo bayaran. Apa kata Munarman?

"Lho kaya berarti kan saya?," ucap Munarman.

Munarman menjelaskan, foto tersebut memang benar adanya. Tetapi, peristiwa itu terjadi bukan pada Jumat (4/11) atau pada hari H aksi demo, melainkan Sabtu (5/11) pagi.

"Jadi yang dibagi duit itu bukan hari Jumat itu hari Sabtu, itu orang-orang yang ketinggalan rombongan, yang kececer," terang Munarman.

Setelah aksi demo berakhir, Munarman dan timnya menyisir ke sejumlah masjid untuk mencari massa demo yang ketinggalan rombongan tersebut.

"Saya kan dapat laporan, ada yang belum pulang, lalu saya cari, itu ada di mana-mana (yang ketinggalan rombongan), ada yang di Masjid Istiqlal dan di beberapa masjid lainnya," sambungnya.

Kesimpulan

Klaim foto massa bayaran FPI setelah apel ganyang PKI yang digelar di tengah pandemi Covid-19 adalah tidak benar.

Dalam foto tersebut anggota FPI memang membagikan uang. Namun, bukan setelah apel ganyang PKI. Pembagian uang tersebut dilakukan ke peserta demonstrasi yang ketinggalan rombongan, setelah aksi demo yang dilakukan pada 4 November 2016.

Sumber: liputan6.com


Name

Berita,3517,Internasional,243,Nasional,3091,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Cek Fakta: Benarkah Ini Foto Massa Bayaran Setelah Apel Ganyang PKI di Tengah Covid-19?
Cek Fakta: Benarkah Ini Foto Massa Bayaran Setelah Apel Ganyang PKI di Tengah Covid-19?
https://1.bp.blogspot.com/-j6FrGjubHbM/XwZ9wCiSouI/AAAAAAAAKGM/es4rD2AodcY6MpANZbwdXagLMMKG58fXgCLcBGAsYHQ/s640/IMG_20200709_101513.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-j6FrGjubHbM/XwZ9wCiSouI/AAAAAAAAKGM/es4rD2AodcY6MpANZbwdXagLMMKG58fXgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200709_101513.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/07/cek-fakta-ini-bukan-foto-massa-bayaran.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/07/cek-fakta-ini-bukan-foto-massa-bayaran.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy