$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Mati-matian Disembunyikan, Agen Rahasia Israel Mossad Bongkar Senjata Rahasia Nuklir yang Dimiliki Iran

GELORABANGSA - Dalam buku barunya, mantan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengungkapkan bahwa Mossad menemukan bahan nuklir ...



GELORABANGSA - Dalam buku barunya, mantan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengungkapkan bahwa Mossad menemukan bahan nuklir yang berusaha disembunyikan Iran selama operasinya pada tahun 2018 dalam merebut rahasia nuklir.

Melansir The Jerusalem Post, Minggu (21/6/2020), Bolton menyebut, bahan nuklir itu mungkin "yellowcake."

Sampai saat ini, tidak ada sumber resmi yang mengkonfirmasi apa bahan nuklir itu.

Bahkan hal itu telah membawa IAEA ke dalam konflik dengan Ayatollah, menuntut klarifikasi tentang bahan nuklir yang disembunyikan.

IAEA adalah organisasi internasional yang berupaya mempromosikan penggunaan energi nuklir secara damai, dan untuk menghambat penggunaannya untuk tujuan militer apa pun, termasuk senjata nuklir.

Yellowcake yang disebutkan Bolton adalah uranium oksida yang diproses manusia dalam bentuk padat, biasanya bentuk uranium yang lebih stabil terbentuk ketika diangkut ke lokasi yang berbeda.

Bolton menggambarkan bahan nuklir ketika mengingat kunjungan ke Israel pada 2018.

Dia mengatakan bahwa Perdana Menteri Benjamin Netanyahu "dan timnya berfokus pada informasi terbaru yang diperoleh dari serangan Israel yang berani terhadap arsip nuklir Iran, dan pemeriksaan IAEA selanjutnya atas situs Turquzabad, yang mengungkapkan uranium yang diproses manusia."

"Itu bukan uranium yang diperkaya, tetapi mungkin yellowcake (uranium oksida dalam bentuk padat), dan tentu saja bukti yang bertentangan dengan pernyataan Teheran yang berulang-ulang bahwa ia tidak pernah memiliki program senjata nuklir," lanjut mantan penasihat keamanan nasional itu.

Lebih lanjut, Bolton menulis, “Iran telah mencoba membersihkan Sanquzabad, karena Iran mencoba membersihkan Sanvizan pada tahun 2004 dan ruang uji peledak di Parchin antara tahun 2012 dan 2015, tetapi gagal lagi.

Ini bisa menjadi bukti bahwa Iran terus menghidupkan 'rencana Amad' untuk senjata nuklir setelah itu seharusnya berakhir pada tahun 2004, dan pasti akan menempatkan Teheran dalam pertahanan internasional.”

Menurut Bolton, “Seperti produk pertambangan, uranium diproses secara mekanis dan kimia sebelum benar-benar digunakan ... sebelum dapat diperkaya ... Tentu saja, Israel tahu pasti apa bentuk uranium karena mereka telah mencuri dokumen, seperti halnya IAEA, yang telah mengumpulkan sampel, tetapi kemungkinannya adalah bahwa uranium di Turquzabad adalah yellowcake."

Meskipun Bolton tidak secara resmi mengkonfirmasi bahwa uranium adalah yellowcake - kemungkinan karena pembatasan pada dirinya oleh sensor keamanan nasional AS - The Jerusalem Post melaporkan bahwa Direktur Mossad Yossi Cohen memberikan laporan penuh dan awal dari temuan operasi 2018 ke administrasi Trump.

Penjajarannya bahwa "Israel tahu pasti ... seperti halnya IAEA" menjelaskan bahwa dia juga tahu dan mengungkapkannya secara tidak langsung agar tidak menyinggung sensor AS.

Komentar Bolton bahwa uranium itu kemungkinan adalah yellowcake olahan manusia menempatkan Iran pada posisi yang sangat sulit untuk menjelaskan mengapa mereka menyembunyikan ini, bahkan jika itu belum dikembangkan.

Ini juga mendukung kritik bahwa Teheran menolak untuk menjelaskan masalah ini dan menolak akses IAEA ke dua situs nuklir lainnya karena jika memberikan akses, niat militernya untuk program nuklirnya akan semakin terungkap.

Ironisnya, seperti yang dicatat Bolton, Iran memiliki beberapa bulan untuk membersihkan situs Turquzabad dari jejak nuklir sebelum IAEA datang berkunjung.

Israel bahkan mengkritik IAEA pada saat itu karena bergerak terlalu lambat untuk mengunjungi Turquzabad, sehingga Yerusalem mengatakan badan itu berharap Iran akan menghapus semua jejak bahan nuklir untuk menghindari adanya konfrontasi.

Terlepas dari berlalunya waktu, IAEA masih menemukan sisa-sisa bahan nuklir dalam sampel tanah yang diperlukan ketika mengunjungi Turquzabad, yang, bersama dengan dua situs nuklir Iran yang ingin diakses, mengarah ke pemungutan suara pada hari Jumat yang menuntut perbaikan Republik Islam.

Operasi Mossad 2018 pertama kali mengungkapkan situs Shirobad tempat Iran menyimpan arsip nuklirnya, kemudian mengungkapkan situs Turquzabad dan pada 2019 mengungkapkan situs nuklir Abadeh.

Sumber yang dekat dengan Direktur Mossad Yossi Cohen sebelumnya mengatakan kepada Post bahwa selain operasi 2018 membuktikan Iran berbohong ketika mengatakan tidak mencari senjata nuklir, dan bahwa operasi itu juga memberi Israel sebuah peta situs nuklir lain ayatollah yang tidak diumumkan.

Sumber: grid.id


Name

Berita,4196,Internasional,259,Nasional,3754,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Mati-matian Disembunyikan, Agen Rahasia Israel Mossad Bongkar Senjata Rahasia Nuklir yang Dimiliki Iran
Mati-matian Disembunyikan, Agen Rahasia Israel Mossad Bongkar Senjata Rahasia Nuklir yang Dimiliki Iran
https://1.bp.blogspot.com/-5xBMQ6a4Glg/XvLR4G71O9I/AAAAAAAAJHQ/74wBlP2zR687Vsmc-Rzt93NB9Dw3UZD_ACLcBGAsYHQ/s640/IMG_20200624_120920.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5xBMQ6a4Glg/XvLR4G71O9I/AAAAAAAAJHQ/74wBlP2zR687Vsmc-Rzt93NB9Dw3UZD_ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200624_120920.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/06/mati-matian-disembunyikan-agen-rahasia.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/06/mati-matian-disembunyikan-agen-rahasia.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy