$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Situasi Mencekam, Inilah Kronologi Bentrokan Pemuda Pancasila dan Pendekar PSHT, Motor Dibakar

GELORABANGSA - Bentrokan antara organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila (PP) dengan perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Tera...



GELORABANGSA - Bentrokan antara organisasi masyarakat (ormas) Pemuda Pancasila (PP) dengan perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) pada Kamis (21/5/2020) pukul 17.00 WIB sempat membuat situasi di lokasi mencekam.

Sebelumnya, ratusan pendekar dari PSHT mendatangi lokasi kejadian, tempat di mana salah satu anggota mereka bernama Totok, dikeroyok oleh beberapa anggota Pemuda Pancasila

Para pendekar juga tidak terima dengan adanya salah satu ucapan oknum Pemuda Pancasila di sana yang dianggap memberikan tantangan kepada PSHT.

Peristiwa bentokan tersebut terjadi di Jalan I Gusti Ngurahrai, Kranji, Bekasi Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menjelaskan, bentrokan tersebut diawali ketika ormas PP yang sedang memesan minuman di warung kopi di Bintara, Bekasi menolak untuk membayar ketika ditagih oleh Totok, sang pemilik warung kopi, pada Kamis dini hari.

"Setiap malam anggota Pemuda Pancasila yang selalu di pos selalu pesan enam gelas tapi tidak mau membayar," kata Yusri, Kamis (21/5/2020).

Dalam kondisi kesulitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Totok memberanikan diri menagih bayaran kepada oknum ormas PP tersebut.

Namun, upaya menagih itu berbuntut cek-cok mulut.

 Salah satu anggota ormas PP, Iwan, menurut polisi, kemudian melayangkan tendangan kepada Totok.

Totok yang punya ilmu beladiri, melakukan perlawanan. Dia membanting tubuh Iwan yang mengakibatkan luka di bagian kepala.

Tak terima atas kejadian tersebut, tiga anggota ormas PP langsung mengeroyok Totok di tempat.

Peristiwa pengeroyokan terhadap Totok itu terekam dalam video yang beredar luas di sosial media maupun Youtube.

Totok yang sendirian, dikepung beberapa anggota ormas PP. Sementara, beberapa orang di warung melihat peristiwa itu.

Totok, dalam video itu, sempat meminta maaf ketika wajahnya sudah lebam dan berdarah akibat dipukuli.

Namun, seorang oknum masih memukul Totok dan marah karena Totok menyebut dia adalah anggota salah satu organisasi (PSHT).

Dalam peristiwa tersebut, menurut Yusri Yunus, anggota ormas PP sempat melontarkan kalimat menantang kepada ormas PSHT.

Kejadian sempat berakhir pukul 03.00 WIB, ketika Totok dengan ormas PP sepakat untuk berdamai dengan menandatangani surat perdamaian dan dokumentasi.

Para pendekar PSHT datangi lokasi

Usai kejadian tersebut, tepatnya pukul 15.00 WIB, anggota ormas PSHT kemudian mendatangi warung kopi Totok dengan maksud menerima tantangan ormas PP.

Sempat terjadi konsentrasi massa dari ormas PSHT di lokasi.

Kapolres Metro Kota Bekasi, Kombes Pol Wijonarko mengatakan, Polsek Bekasi Kota berhasil datang ke lokasi untuk menindaklanjuti aksi tersebut.

"Sebagian mereka kita bawa ke Polsek untuk mediasi dan terjadi kesepakatan kembali antara kedua belah pihak, dalam hal ini unsur pimpinan ormas Pancasila dan PSHT," tuturnya.

Namun pada pukul 18.00 WIB, terjadi aksi lempar antara ormas PP dengan ormas PSHT di Jalan I Gusti Ngurahrai.

Meski tidak memakan korban jiwa namun atas aksi tersebut, empat buah unit kendaraan roda dua dilaporkan terbakar.

Pantauan Wartakotalive.com di lokasi pada Kamis malam atau usai bentrokan, masih terlihat sekumpulan ormas yang masih berkumpul di sekitar lokasi bentrok.

Mobil water canon juga nampak terparkir di lokasi bentrok Jalan I Gusti Ngurah Rai tersebut.

Aparat kepolisian baik menggunakan mobil maupun sepeda motor masih berkeliling menyisir lokasi bentrok.

Tak lama usai pemberitaan bentrokan itu ramai, muncul video permintaan maaf dari pihak Pemuda Pancasila.

Dalam video tersebut, pihak Pemuda Pancasila yang diwakili Sendi Rahmat Wijaya, selaku Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Majelis Pimpinan Wilayah Kota Bekasi, menyampaikan permohonan maaf pihaknya kepada keluarga besar PSHT.

Berikut transkip permintaan maaf yang dikutip dari sejumlah video yang beredar:

"Saya Sendi Rahmat Wijaya, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Majelis Pimpinan Wilayah Kota Bekasi, memohon maaf kepada keluarga besar PSHT yang mana ada satatemen dari oknum kami yang mungkin tidak enak didengar dari keluarga besar PSHT, saya menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Saya juga berterimakasih kepada muspika yang membantu menyelesaikan permasalahan ini.

Di bulan suci ramadan ini, kita tidak perlu yang namanya untuk saling gontok-gontokan, atau terjad perkelahian atau pertikaian.

Ke depannya, kami Pemuda Pancasila akan bersinergi bareng dengan PSHT dengan kegiatan-kegiatan sosial, bisa bagi-bagi takjil atau santunan anak yatim.

Itu yang kita harapkan supaya keluarga besar PSHT dan keluarga besar Pemuda Pancila jangan pernah terjadi kles atau selisih paham.

Saya atas nama pribadi dan atas nama organisasi, berterimakasih kepada seluruh jajaran PSHT yang mana dalam menyelesaikan permasalahan, sangat dewasa dan sangat kekeluargaan.

Itu yang kita harapkan untuk menciptakan kota Bekasi yang aman dan terkendali."

Sumber: tribunnews


Name

Berita,4186,Internasional,259,Nasional,3744,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Situasi Mencekam, Inilah Kronologi Bentrokan Pemuda Pancasila dan Pendekar PSHT, Motor Dibakar
Situasi Mencekam, Inilah Kronologi Bentrokan Pemuda Pancasila dan Pendekar PSHT, Motor Dibakar
https://1.bp.blogspot.com/-nSvEP_NxBvo/Xsgap4M9C-I/AAAAAAAAHno/4puqXbHfXmozBE9yFcqxn5E8i1vXHFo8gCLcBGAsYHQ/s640/5a4e32008f6fc292703740279931f9e1.webp
https://1.bp.blogspot.com/-nSvEP_NxBvo/Xsgap4M9C-I/AAAAAAAAHno/4puqXbHfXmozBE9yFcqxn5E8i1vXHFo8gCLcBGAsYHQ/s72-c/5a4e32008f6fc292703740279931f9e1.webp
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/05/situasi-mencekam-inilah-kronologi.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/05/situasi-mencekam-inilah-kronologi.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy