$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Razia Tambang Emas Ilegal di Jambi, Kapolsek Ditusuk-Anak Buah Disekap

GELORABANGSA - Sejumlah polisi melakukan razia terhadap aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Batu Kerbau, Kecamatan Pel...



GELORABANGSA - Sejumlah polisi melakukan razia terhadap aktivitas penambangan emas tanpa izin (PETI) di Desa Batu Kerbau, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo Jambi. Tindakan polisi diwarnai penusukan dan penyekapan oleh warga.

"Jadi kejadiannya seperti ini, awalnya anggota kita mendapatkan informasi dari warga di media sosial atas maraknya aktivitas tambang emas ilegal di Kabupaten Bungo Jambi. Lalu anggota melakukan lidik dan kemudian turun ke lokasi. Sesampai di sana, aktivitas itu sudah ditinggalkan pekerja di sana. Namun kemudian tak berapa lama terjadinya aksi penyekapan itu," kata Kapolda Jambi Irjen Firman Santyabudi kepada detikcom, Senin (11/5/2020).

Aksi penyekapan dan penusukan pada polisi itu terjadi pada Minggu (10/5) malam.

Saat itu, setelah merazia lokasi tambang emas ilegal, polisi kemudian dihadang oleh sebanyak ratusan warga laki-laki dan perempuan.

Penghadangan itu terjadi di Desa Belukar Panjang, oleh masyarakat desa setempat hingga terjadi keributan antara petugas dan masyarakat desa.

Saat terjadinya keributan, warga kemudian melakukan tindakan anarkis hingga menyebabkan kendaraan tim dari polres rusak hingga menyebabkan Kapolsek atas nama AKP Suhendri mengalami luka tusuk.

 Tidak hanya itu, warga juga sempat menyekap 7 personel polisi hingga akhirnya berhasil dapat dibebaskan petugas kembali.

"Saat ini semua personel yang disekap sudah dapat dibebaskan dan diselamatkan oleh anggota kita yang menuju ke sana. Kapolsek yang mengalami penusukan juga sudah diselamatkan dan dilarikan ke rumah sakit. Namun saya sendiri belum mengetahui kabarnya saat ini karena saya belum ketemu. Penyelamatan ini dilakukan anggota pada subuh tadi," ujar Irjen Firman.

Menurut Firman, tindakan anarkis warga diduga terjadi karena pemanfaatan oleh pihak tertentu.

Namun Firman tetap menyebutkan secara tegas agar kasus tambang emas ilegal ini dan kejadian penusukan serta penyekapan itu terus ditindaklanjuti.

"Walau kita menduga ada yang memanfaatkannya hingga terjadi keributan ini. Namun tetap persoalan ini akan kita tindak lanjuti. Semua ada payung hukumnya saya kira, kita tetap komitmen bahwa semua tindakan-tindakan ilegal harus kita tindak lanjuti semua," terangnya.

Saat ini tim gabungan Polres Bungo, dibantu oleh Tim Gabungan Kodim Muara Bungo Serta Personel Ditreskrimsus Polda Jambi dan Brimob Den B Pamenang Jambi telah menuju lokasi kejadian.

Pihak kepolisian bersama TNI akan tetap melakukan penyelidikan awal dan situasi disana saat ini sudah aman dan terkendali di bawah penjagaan Kepolisian dan TNI agar situasi tetap kondusif.

Sementara Kabid Humas Polda Jambi Kombes Kuswahyudi Tresnadi menyebutkan ada beberapa orang yang telah diamankan saat ini untuk dimintai keterangan atas kejadian penyekapan dan penusukan Kapolsek Pelepat tersebut.

Sumber: detik


Name

Berita,2761,Internasional,185,Nasional,2392,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Razia Tambang Emas Ilegal di Jambi, Kapolsek Ditusuk-Anak Buah Disekap
Razia Tambang Emas Ilegal di Jambi, Kapolsek Ditusuk-Anak Buah Disekap
https://1.bp.blogspot.com/-TUcI32P6GFA/XrlvnrewA2I/AAAAAAAAHB8/py-2AE8905Yhwjjk4g0LjBJDyGkzzpqswCLcBGAsYHQ/s640/d22171e8-7238-4c47-bcd6-802c24f7da62_169%2B%25281%2529.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TUcI32P6GFA/XrlvnrewA2I/AAAAAAAAHB8/py-2AE8905Yhwjjk4g0LjBJDyGkzzpqswCLcBGAsYHQ/s72-c/d22171e8-7238-4c47-bcd6-802c24f7da62_169%2B%25281%2529.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/05/razia-tambang-emas-ilegal-di-jambi.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/05/razia-tambang-emas-ilegal-di-jambi.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy