$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Dampak Lockdown, untuk Pertama Kalinya dalam 30 Tahun, Gunung Himalaya Terlihat dari India

foto: tempo GELORABANGSA - Kebijakan lockdown, PSBB, social distancing, hingga physical distancing ternyata tidak hanya menekan jumlah...

foto: tempo

GELORABANGSA - Kebijakan lockdown, PSBB, social distancing, hingga physical distancing ternyata tidak hanya menekan jumlah penyebaran virus corona penyebab Covid-19 saja.

Berbagai kebijakan pemerintah setempat untuk ditaati oleh penduduk wilayah itu juga memberikan dampak lain, terutama bagi Bumi.

Sudah ada penelitian yang menunjukkan pengaruh berbagai kebijakan tadi untuk Bumi kita.

Pertama, menurunnya tingkat polusi di beberapa negara. Lalu ada juga getaran artifisial di permukaan Bumi yang berkurang.

Hal ini disebabkan karena berkurangnya penggunaan kendaraan bermotor yang menyebabkan munculnya polusi.

Selain itu, aktivitas warga yang selalu dilakukan di dalam rumah juga membuat gerakan dan getaran di permukaan Bumi berkurang.

Nah, kali ini ada dampak lain dari pemberlakuan pengurangan aktivitas warga di luar rumah.

Hal ini adalah terlihatnya gunung Himalaya dari India. Hal ini dianggap spesial oleh warga di sana, lo.

Ketahui alasannya mengapa terlihatnya gunung Himalaya ini menjadi spesial, yuk!

Untuk Pertama Kalinya dalam 30 Tahun, Gunung Himalaya Terlihat dari India

Pemandangan gunung Himalaya yang bisa dilihat dari India ini adalah yang pertama kalinya dalam 30 tahun, lo!

Warga di daerah negara bagian Punjab, India utara mengunggah foto pemandangan Gunung Himalaya yang jaraknya sekitar 201 kilometer dari Jalandhar, Punjab.

Wah, hal ini tentu menjadi spesial dan istimewa, karena sebelumnya puncak Gunung Himalaya tidak pernah terlihat dari tempat ini.

Bahkan beberapa orang mengatakan bahwa mereka tidak pernah membayangkan pemandangan puncak Gunung Himalaya dapat terlihat dari tempatnya tinggal.

Pemandangan Puncak Gunung Himalaya Menjadi Tanda Menurunnya Polusi Udara

Selain karena sudah 30 tahun puncak Gunung Himalaya tidak terlihat dari Punjab, ada hal lain yang membuat pemandangan ini spesial, teman-teman.

Puncak Gunung Himalaya yang terlihat dari Punjab merupakan indikator atau tanda bahwa sudah terjadi penurunan tingkat polusi secara drastis.

Yap, India terkenal sebagai negara yang memiliki polusi udara yang tinggi, akibat jumlah alat transportasi yang juga tinggi.

Gunung Himalaya yang kembali terlihat dengan puncaknya yang bersalju inipun menandakan bahwa sebelumnya India adalah kota dengan polusi yang sangat tinggi.

Lockdown Dianggap Berperan dalam Penurunan Tingkat Polusi

Warga di Punjab mengatakan bahwa penurunan tingkat polusi ini disebabkan juga oleh penyebaran Covid-19 yang juga melanda India.

Akibat penyebaran Covid-19 di India, pemerintah setempat memberlakukan kebijakan lockdown di berbagai wilayah dan usaha di India.

Pemerintah India mengumumkan kebijakan lockdown selama 21 hari untuk menghentikan penyebaran pandemi Covid-19.

Dalam lockdown kali ini, beberapa pabrik harus berhenti beroperasi dahulu dan mengurangi laju lalu lintas.

Nah, efek dari kebijakan ini ternyata membuat tingkat polusi menurun, yang terbukti dari terlihatnya puncak Gunung Himalaya yang bersalju.

Selain itu, Dewan Pengendalian Polusi Pusat India juga mengatakan dalam sebuah laporan kalau tindakan lockdown berhasil meningkatkan kualitas udara di India secara drastis, nih.

Melansir dari situs The Independent, antara tanggal 16 - 27 Maret, tercatat bahwa indeks kualitas udara di India meningkat sebanyak 33 persen.

Beberapa kota di Eropa dan Amerika juga menunjukkan bahwa penurunan polusi juga terjadi selama kebijakan lockdown diberlakukan.

Sumber: bobo.id


Name

Berita,2761,Internasional,185,Nasional,2392,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Dampak Lockdown, untuk Pertama Kalinya dalam 30 Tahun, Gunung Himalaya Terlihat dari India
Dampak Lockdown, untuk Pertama Kalinya dalam 30 Tahun, Gunung Himalaya Terlihat dari India
https://1.bp.blogspot.com/-XgdExY7zaPc/XpCTI6DnCCI/AAAAAAAAFbk/b6IAwRJHrNg415XsVk0ybhT1vxFtutvJACLcBGAsYHQ/s640/images%2B%252832%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-XgdExY7zaPc/XpCTI6DnCCI/AAAAAAAAFbk/b6IAwRJHrNg415XsVk0ybhT1vxFtutvJACLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%252832%2529.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/04/dampak-lockdown-untuk-pertama-kalinya.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/04/dampak-lockdown-untuk-pertama-kalinya.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy