$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Najwa Shihab Pertanyakan Data Corona Anies Baswedan: Saya Tahu Anda Tidak akan Mau Menjawab

GELORABANGSA - Data Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait wabah Virus Corona (COVID-19) menjadi perhatian presenter Mata Najwa, N...



GELORABANGSA - Data Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait wabah Virus Corona (COVID-19) menjadi perhatian presenter Mata Najwa, Najwa Shihab.

Najwa melihat adanya hal yang janggal saat Anies memaparkan data kasus COVID-19 di Jakarta.

Ia menyoroti adanya perbedaan data antara yang diumumkan oleh Anies, dengan data milik pemerintah pusat.

Dikutip dari acara Mata Najwa, Rabu (18/3/2020), awalnya Najwa mempertanyakan Anies terkait perkembangan penanganan COVID-19 di ibu kota.

Anies mengakui semakin hari, kasus di Jakarta kian meningkat.

"Jadi memang di Jakarta angkanya meningkat sangat pesat," jelasnya.

Anies mengatakan telah terjadi lonjakan yang signifikan, yakni dari 115 orang dalam pemantauan (ODP) di tanggal 29 Februari, ke angka 862 ODP pada Rabu (18/3/2020).

Ia lalu lanjut menjelaskan soal angka kasus positif di Jakarta yang telah mencapai 160 kasus, dan 15 di antaranya telah meninggal karena COVID-19.

"Angka kematian juga di Jakarta ini cukup tinggi, dari total saat ini ada 160 orang yang positif, dari 160 positif ini kita memiliki angka 15 orang yang meninggal," papar Anies.

"Ini adalah situasi yang bukan mengenakkan, tapi kita semua di Jakarta mencoba melakukan semua langkah yang kita kerjakan," sambungnya.

Seusai Anies memaparkan data terkait jumlah pasien dan jumlah kematian kasus COVID-19, Najwa langsung memotong penjelasan dari Anies.

Najwa meminta penjelasan dari Anies soal datanya yang berbeda dengan data dari pemerintah pusat.

"Mas Anies maaf saya harus potong, karena saya ingin mengklarifikasi, karena angka yang kami peroleh dari konferensi pers tadi, itu yang meninggal di Jakarta, 12 orang Mas Anies," ujarnya.

"Anda katakan malam ini di Mata Najwa, sesungguhnya yang meninggal 15, bukan 12," tegas Najwa.

Anies mengatakan apa yang telah disampaikannya data yang valid, dan juga telah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat melalui BNPB dan Kementerian Kesehatan.

"Iya betul, yang meninggal per hari ini adalah 15, dan itu datanya sore tadi kita kirimkan juga ke Kementerian Kesehatan, kita sampaikan," kata Anies.

"12 itu hari Senin, dan pada hari Senin saya sendiri mengirimkan surat kepada Kepala BNPB, dengan tembusan kepada Kementerian Kesehatan, laporan tertulis tentang kasus yang ditangani di Jakarta," sambungnya.

Najwa lalu kembali memotong Anies, ia membuka perbedaan data antara milik Anies dengan pemerintah pusat.

Data yang berbeda adalah kasus positif COVID-19, dan jumlah pasien meninggal dunia di Jakarta.

"Tadi versi pemerintah pusat yang positif 125, sementara sesungguhnya yang anda katakan yang positif lebih banyak dari itu, 160," jelas Najwa.

"Jadi apakah memang perbedaan data ini hanya tidak koordinasi, atau ada yang menutupi data, saya tahu Anda tidak akan mau menjawab itu."

Anies tidak menjawab cecaran pertanyaan dari Najwa terkait datanya yang berbeda dengan pemerintah pusat.

"Tapi saya hanya ingin pemirsa tahu, yang jelas saat ini ada perbedaan data dari yang diumumkan pemerintah pusat yang menyebutkan di DKI yang meninggal hanya 12, sementara Anda tadi sebutkan yang meninggal 12," tandasnya.

Dikutip dari Kompas.com, Rabu (18/3/2020), jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia telah mencapai angka 227 orang, 11 sembuh, dan 19 orang meninggal.

Berikut adalah data pasien yang meninggal dunia karena COVID-19 berdasarkan pernyataan juru bicara pemerintah untuk penanganan Virus Corona Achmad Yurianto

Bali: 1 pasien
Banten: 1 pasien
DKI Jakarta: 12 pasien
Jawa Barat: 1 pasien
Jawa Tengah: 2 pasien
Jawa Timur: 1 pasien
Sumatera Utara: 1 pasien

Sumber: tribunwow.com


Name

Berita,2447,Internasional,132,Nasional,2132,Opini,203,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Najwa Shihab Pertanyakan Data Corona Anies Baswedan: Saya Tahu Anda Tidak akan Mau Menjawab
Najwa Shihab Pertanyakan Data Corona Anies Baswedan: Saya Tahu Anda Tidak akan Mau Menjawab
https://1.bp.blogspot.com/-91DSYdlYRgo/XnLVPJn-A9I/AAAAAAAAElo/l0TOHVycPV8UVwiS2KmbdhRI1wvFJV1pQCLcBGAsYHQ/s640/gubernur-dki-jakarta-anies-baswedan-mata-najwa-rabu-1832020.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-91DSYdlYRgo/XnLVPJn-A9I/AAAAAAAAElo/l0TOHVycPV8UVwiS2KmbdhRI1wvFJV1pQCLcBGAsYHQ/s72-c/gubernur-dki-jakarta-anies-baswedan-mata-najwa-rabu-1832020.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/03/najwa-shihab-pertanyakan-data-corona.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/03/najwa-shihab-pertanyakan-data-corona.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy