$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Jawaban Gubernur Sumbar atas Kritik Warganet terkait Sambutannya untuk 150 Turis China

GELORABANGSA - Sebanyak 150 wisatawan China datang ke Sumatera Barat.  Kedatangan mereka disambut oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwa...




GELORABANGSA - Sebanyak 150 wisatawan China datang ke Sumatera Barat. 

Kedatangan mereka disambut oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno.

"Kami ucapkan selamat datang di Sumatera Barat. 

Selamat menikmati pesona alam, semoga anda senang dan terhibur selama berada disini," kata Irwan sebagaimana dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Minggu (26/01/2020).

Kedatangan turis China di Sumatera Barat menuai sejumlah cibiran dari warganet.

Berbagai komentar muncul, salah satu warganet yang membicarakan adalah akun @dedetsaugia yang membagikan postingannya di media sosial Twitter.

“Sambutan selamat datang dari pakgub @irwanprayitno kepada wisatawan China pagi ini #VirusCorona,” tulisnya sembari menyertakan ekspresi menangis.

Ia juga menyertakan potongan video saat Gubernur Sumatera Barat memberikan sambutan.

Hingga kini postingan tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 3,6 ribu kali dan disukai lebih dari 5,9 ribu pengguna.

@dedetsaugia
Sambutan selamat datang dari pakgub @irwanprayitno kepada wisatawan china pagi ini #VirusCorona
 😭😭😭

Beberapa warganet ikut mengomentari postingan tersebut.

“Wahai bapak @irwanprayitno yang terhormat,apakah anda tau kalau hari ini di China sedang ada virus Corona?apa bapak mau warga kota Padang kena virus semuanya?tolonglah pak,bapak pasti nonton berita atau baca koran kan?kenapa masih dikasih masuk paakkk??!!!” komentar akun @olengpeople.

“Wow tidak pakai masker. Keren,” tulis akun @widianingrum.

“Ngeyel dikasih tau.. neeh dipancis yang alatnya lbih canggih aja tuh virus lolos.." ujar akun @SevenSeas87.

Baca juga: Menyebar ke 13 Negara, Seberapa Mematikan Virus Corona?

Sementara itu, jagad maya Twitter pada hari ini Minggu (26/01/2020) pembicaraan “Sumbar” menjadi trending akibat respon warganet terhadap kedatangan turis China ini.

Pembicaraan tentang Sumbar mencapai lebih dari 19 ribu kali.

Kedatangan para turis di China ini sebenarnya sudah menjadi pembicaraan sejak kemarin saat Wakil Gubernur Sumatera Barat mengunggah persiapannya saat mengecek alat thermo scanner yang dipasang di bandara.

“Malam tanggal 25 Januari 2020 saya meninjau Bandara Internasional Minangkabau, untuk memastikan alat Kesehatan bandara bisa di fungsikan dengan baik demi mencegah Virus Corona tidak menyebar di Sumatera Barat.. Wass” tulisnya.

Ia juga menerangkan melalui postingan Twitternya bahwa pencegahan dan pelarangan wisatawan bukanlah wewenang pemerintah provinsi.

“Dunsanak, pencegahan dan pelarangan wisatawan bukan wewenang dari pemerintah provinsi, kami pak @irwanprayitno dan saya sendiri hanya bisa memastikan fasilitas penunjang yang ada di bandara dan rumah sakit yang ada di Sumbar dapat mencegah virus itu menyebar. Wass” tulisnya di postingan selanjutnya.

Usai ramai pembicaraan turis China di Sumbar, pada Minggu (26/01/2020) Nasrul melalui postingannya mengatakan sore ini pihaknya akan melakukan diskusi guna menentukan keputusan terkait wisatawan asal China tersebut.

“Bismillahirrahmanirrahim, saya sore ini sedang berkodinasi selaku pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengambil keputusan terkait wisatawan Asal Tiongkok yang berkunjung.

Mengakibatkan gejolak Masyarakat. semoga keputusan yang akan diambil akan mewakili suara masyarakat. Wass” tulisnya.

Jawaban Gubernur Sumbar
Melansir dari Kompas.com (26/01/2020) penyambutan yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat ini dilakukan usai turis tersebut melewati pemeriksaan suhu tubuh.

Menurut Irwan, kedatangan para turis sudah dijadwalkan sebelum virus corona merebak.

Rencananya turis asal Kunming provinsi Yunnan ini akan melewati sejumlah destinasi wisata Sumatera Barat selama lima hari.

“Kehadiran turis ini diharapkan meningkatkan kunjungan wisatawan asing ke Sumbar,” ujar Irwan.

Dikutip dari Antara, Gubernur Sumbar menyampaikan pihaknya telah melakukan berbagai upaya mendatangkan wisatawan asing ke Sumbar sebelumnya.

Terkait kekhawatiran virus corona yang tengah mewabah pihaknya menyampaikan semua rombongan sudah mendapat visa yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri.

"Jadi tidak boleh menolak orang datang kalau syaratnya lengkap, selain itu juga sudah dilakukan antisipasi dengan melakukan pemeriksaan ketat," katanya dikutip dari Antara.

Sementara itu Humas Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra mengatakan, seluruh turis tersebut telah melalui thermo scanner.

"SOP nya saat ini semua penumpang harus melalui thermo scanner. 

Ini karena adanya wabah virus corona. Dari hasil pemeriksaan, semua turis itu aman," kata Fendrick dikutip dari Kompas.com (26/01/2020).

Senada dengan Fendrick, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Barat Merry Yulieday juga mengatakan hal yang sama.

"Karena tidak ada yang dicurigai maka tidak ada yang diisolasi. 

Semuanya aman," kata.

Sumber: kompas.com


Name

Berita,2162,Internasional,105,Nasional,1874,Opini,203,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Jawaban Gubernur Sumbar atas Kritik Warganet terkait Sambutannya untuk 150 Turis China
Jawaban Gubernur Sumbar atas Kritik Warganet terkait Sambutannya untuk 150 Turis China
https://1.bp.blogspot.com/-R-gghRMTUGQ/Xi53T9FclmI/AAAAAAAADQw/Hu9eVsXFb8448LsMz5Vtm_h2Ztv6q7V9QCLcBGAsYHQ/s640/5e2d4c737b523.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-R-gghRMTUGQ/Xi53T9FclmI/AAAAAAAADQw/Hu9eVsXFb8448LsMz5Vtm_h2Ztv6q7V9QCLcBGAsYHQ/s72-c/5e2d4c737b523.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/01/tren-tren-jawaban-gubernur-sumbar-atas.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/01/tren-tren-jawaban-gubernur-sumbar-atas.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy