$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Tepati Janjinya, Anies Baswedan Bangun Rumah DP 0 Rupiah, Tapi Ironinya Rumah Ini Malah Sepi Penghuni, Berikut Ini Penyebabnya

GELORABANGSA   - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang berusaha menepati janjinya untuk menjalankan program Rumah DP 0 Rupiah.  ...




GELORABANGSA - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang berusaha menepati janjinya untuk menjalankan program Rumah DP 0 Rupiah. 

Rumah susun milik yang diberi nama Rusunami Klapa Village ini dibangun di Pondok Kelapa, Jakarta Timur dan telah menarik minat masyarakat sejak diresmikan pada Agustus 2019. 

Pendaftarnya membludak. 

Meski begitu, hingga saat ini baru ada 85 unit yang terisi dari 780 unit yang tersedia. 

Ini jelas membingungkan. Ada apa?

Walau banyak peminat, nyatanya tak banyak warga yang lolos persyaratan untuk bisa mulai mencicil unit rusunami itu. 

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera DKI Jakarta Dzikran Kurniawan menjelaskan, sesungguhnya syarat untuk bisa mencicil tak sesulit yang dibayangkan.

"Dari 1.485 permohonan KPR (kredit pemilikan rumah) itu sudah disetujui oleh Bank DKI 502 unit, 502 orang, dan sudah diakad KPR kan 135 orang. 

Jadi dari 135 itu yang sudah proses pindah, dan sudah menghuni di Pondok Kelapa ada 85 orang," kata Dzikran kepada Liputan6.com di kantornya, Jakarta, 27 Desember 2019.

Lantas, apa yang membuat 50 orang lainnya tak cepat pindah? Selain itu, bagaimana dengan 645 unit lainnya yang belum juga dibeli padahal jumlah pendaftar mencapai lebih dari itu?

"Memang ada alasan lebih ke arah alasan personal ya, ada yang mungkin karena orangtua, ada yang karena anak sekolah, menunggu semester selesai, ada juga yang memang masalah zonasi-zonasi begitu," jelas Dzikran.

Kemudian, tak lolosnya calon pembeli bukan berarti mereka tak bisa mendaftar kembali. 

Dzikran menyebutkan, separuh atau dua pertiga dari pendaftar yang tak lolos lebih dikarenakan teknis perbankan.

"Mereka tetap berhak, warga yang berhak karena lolos verifikasi tapi tidak lolos proses KPR di bank," katanya.

"Nah alasan-alasannya itu lebih ke alasan personal. 

Ada yang karena mungkin kurang kemampuan cicilannya karena sudah ada cicilan yang lain, atau ada yang memang terjerat dengan kredit macet sebelumnya. 

Jadi masalah-masalah ini kalau bisa diselesaikan dalam beberapa waktu ke depan, mereka bisa mengajukan KPR lagi," lanjut dia.

Tetapi, Dzikran mengakui bahwa program Rumah DP 0 Rupiah ini memang tidak diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Sebab, syarat gaji minimal untuk bisa mencicil rusunami adalah Rp 4-7 juta per bulan.

"Golongan berpenghasilan rendah ini kan keterbatasan finansial, itu membuat pilihan-pilihan mereka menjadi sangat terbatas di tengah kebutuhan yang ada. 

Maka dari itu, kita tawarkan dengan program ini supaya lebih dimudahkan," ucap dia.

"Kita punya solusi lain, yaitu sewa. Jadi kita juga punya solusi hunian yakni rumah susun sewa yang sangat murah sewanya," sambungnya.

 Sumber: liputan6.com


Name

Berita,4175,Internasional,259,Nasional,3733,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Tepati Janjinya, Anies Baswedan Bangun Rumah DP 0 Rupiah, Tapi Ironinya Rumah Ini Malah Sepi Penghuni, Berikut Ini Penyebabnya
Tepati Janjinya, Anies Baswedan Bangun Rumah DP 0 Rupiah, Tapi Ironinya Rumah Ini Malah Sepi Penghuni, Berikut Ini Penyebabnya
https://1.bp.blogspot.com/-fgZo59Z7osA/XiEhGHUBzII/AAAAAAAAC0w/ulW5h4kYLVsI-6fuN5do4ooGYOt4Ot1AwCLcBGAsYHQ/s640/025619700_1572950430-Rusunawa.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-fgZo59Z7osA/XiEhGHUBzII/AAAAAAAAC0w/ulW5h4kYLVsI-6fuN5do4ooGYOt4Ot1AwCLcBGAsYHQ/s72-c/025619700_1572950430-Rusunawa.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2020/01/gelorabangsa-gubernur-dki-jakarta-anies.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2020/01/gelorabangsa-gubernur-dki-jakarta-anies.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy