$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Begini Modus Penculikan WN Inggris Dan Peran 4 Oknum Polisi Yang Diamankan

tagar.id GELORABANGSA - Empat oknum polisi diamankan dalam kasus penculikan WN Inggris. Begini modus penculikan dan empat peran oknum ...

tagar.id

GELORABANGSA - Empat oknum polisi diamankan dalam kasus penculikan WN Inggris. Begini modus penculikan dan empat peran oknum polisi tersebut.

Dalam kasus yang berawal dari laporan polisi bernomor LP/7002/X/2019/PMJ/Ditreskrimum tertanggal 31 Oktober 2019 dengan pelapor VL, rekan Matthew itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Minggu (3/11/2019) mengatakan ada 6 pelaku yang turut serta melakukan aksi kejahatan itu. Empat pelaku diantaranya merupakan anggota Polri.

Kasus bermula ketika korban Matthew, pada 29 Oktober 2019, memberi tahu rekannya yakni VL bahwa dia ingin bertemu seseorang terkait urusan pekerjaan. Pada 30 Oktober 2019 pukul 02.00 WIB, korban memberitahukan kepada VL sudah dalam perjalanan pulang dan ternyata diketahui diculik dengan para pelaku meminta tebusan sekitar USD 1 juta.

VL lantas membuat laporan pada Kamis (31/10/2019) sekitar pukul 08.00 WIB dan Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudian menindaklanjutinya. Sekitar pukul 13.00 WIB di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, para pelaku ditangkap.

"Pelaku pertama atas nama G selaku rekan kerja korban. G meminta kekasihnya yang berinisial NA untuk merencanakan aksi penculikan itu," kata Kombes Argo saat dikonfirmasi detikcom.

NA diketahui ikut merencanakan penculikan itu dan mengajak Bripda JBB, anggota Cyber Bareskrim Polri, yang juga saudara NA, untuk memuluskan aksi penculikan ini. Bripda JBB berperan menyiapkan mobil dan membuntuti kendaraan korban.

"J anggota Cyber Bareskrim Polri menyiapkan mobil dan melakukan cek posisi keberadaan korban," jelas Argo.

Tidak sendiri, Bripda JBB juga mengajak kekasihnya berinisial Bripda NPU anggota Polres Jaktim. Dia juga dibantu oleh Briptu H dan Bripda SBS yang semuanya merupakan anggota Polres Jakarta Timur. Para pelaku ini kemudian mencegat mobil korban di tol Lingkar Luar Barat.

Kemudian, para pelaku menggeledah korban dan membawanya ke Polda Metro Jaya seolah-olah untuk diperiksa. Sesampainya di Polda Metro, korban dibawa masuk lagi ke dalam mobil dan korban diperas.

"Korban meminta untuk diantar ke tempat atasannya namun pelaku membawa korban ke hotel untuk diinterogasi," kata Argo.

Korban kemudian menghubungi bosnya dan kemudian memberikan uang sebesar USD 900 ribu ke para pelaku. Pelaku kemudian bergerak ke Kemayoran, Jakarta Pusat untuk menukarkan uang itu menjadi mata uang rupiah.

"Para pelaku meminta uang cash dan menyuruh korban menelepon bosnya untuk meminta tebusan. Selanjutnya pelaku dan korban bergeser ke daerah Kemayoran untuk menukar uang menjadi mata uang rupiah," ungkap Argo.

Tidak berapa lama, di sekitar kawasan Kemayoran, para pelaku ditangkap polisi. Kasus ini masih diselidiki.

Kadiv Propam Polri Irjen Listyo Sigit Prabowo saat dikonfirmasi sebelumnya mengatakan kasus itu sedang diselidiki. Untuk pelanggaran yang dilakukan para oknum polisi itu dia menyebut akan ditindak oleh Propam Mabes Polri dan Propam Polda Metro Jaya.

"(Kasus) ditangani Resmob Polda Metro. Untuk pelanggaran disiplin dan kode etik ditangani Propam Metro gabungan dengan Propam Mabes setelah proses penanganan pidana berkasnya selesai," kata Irjen Listyo Sigit Prabowo kepada detikcom, Minggu (3/11/2019).

Sumber: detik.com


Name

Berita,2147,Internasional,105,Nasional,1859,Opini,203,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Begini Modus Penculikan WN Inggris Dan Peran 4 Oknum Polisi Yang Diamankan
Begini Modus Penculikan WN Inggris Dan Peran 4 Oknum Polisi Yang Diamankan
https://1.bp.blogspot.com/-KrhbQvhEiH0/Xb9oaDXfpBI/AAAAAAAACbk/r69-HY_cIwQBM4HhV-0BptsFmWzCoD88QCLcBGAsYHQ/s640/Ilustrasi-Penangkapan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KrhbQvhEiH0/Xb9oaDXfpBI/AAAAAAAACbk/r69-HY_cIwQBM4HhV-0BptsFmWzCoD88QCLcBGAsYHQ/s72-c/Ilustrasi-Penangkapan.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2019/11/tagar.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2019/11/tagar.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy