$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Video Detik-Detik Penangkapan 3 Pelaku Pembakaran Hutan Digelandang TNI Dan Polisi Menggunakan Helikopter

GELORABANGSA - Belakangan ini Pulau Sumatera dan Kalimantan jadi sorotan banyak orang karena mengalami bencana kabut asap dalam taraf b...



GELORABANGSA - Belakangan ini Pulau Sumatera dan Kalimantan jadi sorotan banyak orang karena mengalami bencana kabut asap dalam taraf bahaya.

Kabut asap tersebut diakibatkan adanya kebakaran hutan dan lahan yang luasnya ribuan hektare dan belum mampu ditangani oleh pemerintah.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Pekanbaru, Riau dinilai sudah cukup parah.

Status Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) bahkan menunjukkan kategori sangat tidak sehat.

Beberapa hari yang lalu, kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru sangatlah tebal.

Bahkan, ia menyebutkan bahwa yang dihirup masyarakat bukan lagi oksigen, melainkan asap karhutla.

Diwartakan Kompas.com, kabut asap sangat pekat di Kota Pekanbaru mengakibatkan masyarakat terdampak Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Berdasarkan data yang diterima dari Dinas Kesehatan Riau per 1-11 September 2019, jumlah warga terserang ISPA sebanyak 9.931 orang.

Oleh karenanya, masyarakat Kota Pekanbaru diimbau untuk selalu waspada terhadap dampak yang ditimbulkan dari kabut asap.

Usaha yang dilakukan pemerintah setempat untuk membongkar siapa sebenarnya dibalik penyebab bencana ini pun mulai mencapai titik terang.

Penangkapan pelaku pembakaran hutan dan lahan di Riau.

Belakangan ini tersebar sebuah video yang memperlihatkan detik-detik tertangkapnya beberapa oknum pembakar hutan dan lahan di Riau.


Video tersebut dibagikan salah satu channel Youtube bernama GUDANG dan Instagram @_infocegatansolo pada Senin (16/9/2019).

Dalam video tersebut, para pelaku diamankan oleh jajaran Polres Riau.

Penangkapan pelaku pembakaran hutan dan lahan di Riau.

Pengamanan tersebut dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB di Lapangan Desa Sorek, Pekanbaru Riau.

Nampak dalam video beberapa petugas keamanan seperti polisi dan TNI sedang menahan para pelaku pembakar hutan dan lahan.

Mereka akan dinaikkan ke helikopter yang pada saat itu akan mendarat.

Ada tiga pelaku yang saat itu sudah dalam posisi diborgol tanpa menggunakan kaus.

Penangkapan pelaku pembakaran hutan dan lahan di Riau.

Mereka dikawal ketat oleh anggota TNI untuk masuk ke helikopter yang telah mendarat dan akan dibawa untuk dilakukan penyelidikan.

Penangkapan dilakukan karena mereka sengaja membuka atau membersihkan lahan dengan cara dibakar.

Sementara itu, melansir dari TribunBatam.id, sebelumnya Tiga orang ditangkap Polisi di Batam terkait kasus Pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Batam.

Penangkapan pelaku pembakaran hutan dan lahan di

Ketiga pelaku diketahui kedapatan saat hendak membakar hutan di kawasan Bukit Bismilah Galang, Hutan di Kecamatan Galang dan kawasan Sekupang Batam.

Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo dalam ekspose kasus Karhutla di Polresta Barelang, Jumat (13/9/2019) sore menuturkan para pelaku disuruh oleh pemilik lahan untuk membuka lahan.

"Ada tiga orang yang kita tangkap. Satu di Sekupang dan sedang diproses oleh Satreskrim Polresta Barelang. Sementara dua orang lagi di proses oleh Polsek Galang," sebut Prasetyo menerangkan.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku yang ditangkap di Galang mengaku diupah sebanyk Rp 600 ribu untuk membuka lahan disana.

Kapolresta Barelang AKBP Prastyo Rachmad Purboyo Ekspose Kasus Penangkapan Pelaku Pembakaran Hutan

"Ada tiga orang yang kita tangkap. Satu di Sekupang dan sedang diproses oleh Satreskrim Polresta Barelang. Sementara dua orang lagi di proses oleh Polsek Galang," sebut Prasetyo menerangkan.

Dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku yang ditangkap di Galang mengaku diupah sebanyk Rp 600 ribu untuk membuka lahan disana.

Ketiga pelaku masing-masing berinisial Ir yang ditangkap di Skupang, kemudian Ai dan OJ ditangkap di hutan Galang saat hendak melakukan pembakaran.

"Pembakaran itu mereka lakukan pada malam hari. Dan mereka memang disuruh oleh seseorang," lanjutnya.

Ai mengaku kalau dirinya disuruh oleh pengusaha yang tinggal di Batam Centre bernama Asun.

Tidak hanya menyuruh membuka lahan, Asun juga disajarkan bagai mana cara membuka lahan dengan cepat.

"Saya disuruh menebang kayunya, kemudian kayu itu dikumpulkan barulah dibakar," sebut AI bercerita.

Ai sendiri juga berharap supya polisi juga bisa menangkap Asun. Menurutnya Asun Harus bertanggung jawab dengan semua ini.

"Saya masuk penjara karena Asun ini. Saya harap dia juga ditangkap. Dia yang suruh saya hutan untuk buka lahan," sebutnya.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di provinsi Riau ini memberikan dampak yang besar.Bahkan hingga saat ini masih terdapat titik api di lahan gambut di beberapa lokasi.

Titik api tersebut antara lain berada di Pekanbaru, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Dumai, Kampar, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Sumber: gridhot.id


Name

Berita,4192,Internasional,259,Nasional,3750,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Video Detik-Detik Penangkapan 3 Pelaku Pembakaran Hutan Digelandang TNI Dan Polisi Menggunakan Helikopter
Video Detik-Detik Penangkapan 3 Pelaku Pembakaran Hutan Digelandang TNI Dan Polisi Menggunakan Helikopter
https://1.bp.blogspot.com/-SgnkTv62q3k/XYGEKmDNq-I/AAAAAAAABiM/Mxy5xI5rTMAoRpJ-zu5rk_5rHgvNZ5h9QCLcBGAsYHQ/s640/741283930.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SgnkTv62q3k/XYGEKmDNq-I/AAAAAAAABiM/Mxy5xI5rTMAoRpJ-zu5rk_5rHgvNZ5h9QCLcBGAsYHQ/s72-c/741283930.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2019/09/video-detik-detik-penangkapan-3-pelaku.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2019/09/video-detik-detik-penangkapan-3-pelaku.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy