$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Hidayat Nur Wahid Sebut Konflik Wamena Genosida, Komisioner Komnas HAM Geram

merahputih.com GELORABANGSA - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dikecam berbagai pegiat HAM karena menyebut konflik di ...

merahputih.com


GELORABANGSA - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dikecam berbagai pegiat HAM karena menyebut konflik di Wamena, Papua sebagai genosida.

Wakil Ketua MPR itu dianggap telah memecah belah kelompok masyarakat.

Hingga kini konflik di Wamena, Papua masih berlangsung. Sudah 5.500 warga Wamena yang diungsikan karena kerusuhan tersebut.

Hidayat Nur Wahid mengomentari konflik tersebut. Ia menyebut kasus di Wamena sebagai genosida.

“Kita berduka, atas tragedi genocyda di Wamena. Ada 32 orang tewas dan ribuan mengungsi. Sebagian besarnya warga pendatang. Pemerintah tetap harus selesaikn kabut asap, sikapi bijak Demo-demo, tapi tak boleh remehkan tragedi di Wamena. Kelanjutan NKRI taruhannya,” kata Hidayat Nur Wahid lewat akun twitternya Minggu (29/9/2019).

Bukan mendapat simpati, pernyataan Hidayat Nur Wahid justru dikecam oleh pegiat HAM. Pasalnya kata genosida yang digunakan dianggap tidak tepat.

Kritik itu datang dari jurnalis Uni Lubis misalnya saja. “Satu tolong buka kamus cek arti kata genosida.Menurut saya yang terjadi Wamena belum masuk kategori itu,” kata Uni Lubis meretweet dan berkomentar pada cuitan Hidayat Nur Wahid. 

Uni Lubis meminta politisi untuk mendesak pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) untuk Papua, bukan justru memecah belah antar kelompok.

“Politisi jangan ikut memecah belah antar kelompok masyarakat dengan diksi dan berdukalah untuk seluruh korban tewas di Papua,” kata Uni Lubis.

Tidak hanya Uni Lubis, komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara juga mengomentari postingan Hidayat Nur Wahid.

Ia meminta Hidayat Nur Wahid untuk bijak dalam menyimpulkan sebuah konflik.

“Kita semua berduka dan marah terhadap tragedi kemanusiaan di Wamena tetapi tidak lantas dengan mudah menyimpulkan itu genosida. Rujukannya UU No 26/2000 tentang Pengadilan HAM,” kata Beka.

Beka menjelaskan dalam Statuta Roma yang menjadi basis International Criminal Court (ICC), kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan genosida digolongkan sebagai Kejahatan Paling Serius (the most serious crimes) dan Luar Biasa (extraordinary crimes).

Dalam UU No 26/2000 tentang pengadilan HAM, Genosida juga dimasukan dalam kategori kejahatan yang luar biasa karenanya dimasukkan sebagai pelanggaran HAM yang berat.

“Supaya runut soal HAM dan Genosida, bisa buka UU No 39/1999 tentang Hak Asasi Manusia serta UU No 26/2000 soal Pengadilan HAM dan berbagai referensi lainnya,” kata Beka.

Inisiator Jaringan Gusdurian, Savic Ali juga menyayangkan sikap Hidayat Nur Wahid. Ia menganggap Nur Wahid membonceng kepentingan dari unggahan tersebut.

“Ini contoh petinggi negara (DPR) yang sering ngeshare info dari media yang tidak kredibel karena (mungkin) sesuai perasaan dan kepentingannya,” kata Savic.

Sesama muslim Savic mengingatkan lagi soal tuntunan seorang muslim.

“Dulu ngeshare dari Gelora. Pak, belajar hadist kan? Tahu hadist dhaif ato mursal kan? Kalo sudah lupa monggo belajar lagi,” kata Savic.

Dikutip dari Kompas.com korban selamat kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, banyak yang kehilangan harta bendanya karena sudah hangus terbakar dan dijarah massa.

Hingga kini para korban yang masih mengungsi di sejumlah titik pengungsian yang ada di Wamena, banyak yang membutuhkan pakaian.

"Banyak dari mereka yang harta bendanya hilang semua dan hanya punya pakaian yang ada di badan saat ini, mereka tidak ganti-ganti baju," kata Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf. Candra Dianto, saat dihubungi melalui telepon, Sabtu (28/9/2019).

Candra pun meminta informasi ini disebarkan seluas-luasnya agar banyak pihak yang tergerak untuk membantu para korban yang kini tengah mengungsi.

Selain pakaian, ia mengaku ada masalah dalam hal distribusi bantuan bahan pokok yang saat ini terfokus di satu titik.

Menurut dia, bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua hanya tersalur ke posko pengungsian Gedung Okumarek yang dibuka oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

"Bantuan dari provinsi hanya sampai ke Okumarek tidak sampai ke Kodim sehingga kita hanya mengandalkan logistik yang ada. Pengungsi tidak mau ke Okumarek, mereka maunya di Kodim sementara dapur lapangannya Pemda ada di sana," tuturnya.

"Yang paling dibutuhkan pengungsi saat ini kebutuhan pokok, susu Balita, Pampers, pembalut, pakaian," sambung Candra. Ia mengakui saat ini sudah ada beberapa relawan yang mulai memberikan bantuan.

Namun, jumlah pengungsi terus berubah karena selain ada pengungsi Wamena yang sudah terbang ke Jayapura, tetapi ada juga pengungsi yang masuk dari beberapa kabupaten di sekitar Jayawijaya.

"Di tempat kita sudah 3.200 pengungsi, bertambah lagi, keseluruhan sekitar 5.500 orang. Jadi jumlah tetap karena ada yang turun ke Jayapura dan ada yang datang ke Wamena. Pengungsi berdatangan ke Wamena dari Kabupaten Yalimo, Lanny Jaya dan Tolikara," katanya.

Diberitakan sebelumnya, dampak kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, masih terus berkembang.

"224 mobil roda 6 dan 4 hangus, 150 motor, 465 ruko hangus, dan 165 rumah dibakar," jata Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal . Sementara korban luka-luka mencapai 76 orang.

Sumber: wartakotalive.com


Name

Berita,4176,Internasional,259,Nasional,3734,Opini,204,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Hidayat Nur Wahid Sebut Konflik Wamena Genosida, Komisioner Komnas HAM Geram
Hidayat Nur Wahid Sebut Konflik Wamena Genosida, Komisioner Komnas HAM Geram
https://1.bp.blogspot.com/--xgSJ3ehEb8/XZDK9mGphYI/AAAAAAAAB5Y/YJt9uWQ7ercxX_hl0N4WGxebU7nKLEBWwCLcBGAsYHQ/s640/51fc9eb91a08cac91df819777a2da94d.png
https://1.bp.blogspot.com/--xgSJ3ehEb8/XZDK9mGphYI/AAAAAAAAB5Y/YJt9uWQ7ercxX_hl0N4WGxebU7nKLEBWwCLcBGAsYHQ/s72-c/51fc9eb91a08cac91df819777a2da94d.png
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2019/09/hidayat-nur-wahid-sebut-konflik-wamena.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2019/09/hidayat-nur-wahid-sebut-konflik-wamena.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy