$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Setujukah Anda ? Pendeta Ini Beri Alasan Kenapa Penganut Kristen Protestan Bisa Menikah Lagi Usai Cerai Hidup

GELORA BANGSA - GOSIP mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menikahi seorang Polwan cantik tengah santer. ...



GELORA BANGSA - GOSIP mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan menikahi seorang Polwan cantik tengah santer.

Sebelumnya ramai diberitakan bahwa Ahok bercerai dengan Veronica Tan dipicu masalah perseli**kuhan antara Veronica Tan dan seorang pria lain.

Ahok diketahui resmi bercerai dengan Veronica Tan pada 5 April 2018.

Dengan telah bercerai secara negara lewat putusan pengadilan, maka Ahok sudah dipastikan telah mendapatkan surat pisah dari gereja.

Pertanyaan besarnya, apakah gereja akan memperbolehkan seorang Kristen Protestan yang bercerai untuk menikah lagi?

Pendeta Samuel T Gunawan, M.Th, pernah mengulas ini dalam tulisannya yang diposting oleh artikel.sabda.org.

Tulisan Pendeta Samuel T Gunawan memaparkan alasan mengapa seorang Kristen Protestan akhirnya dibolehkan bercerai hidup.

Berikutnya dalam tulisan itu pula Pendeta Samuel T Gunawan membahas alasan dari sisi Kristiani dimana akhirnya mereka yang memutuskan bercerai hidup boleh menikah lagi secara Kristen Protestan.

Pemaparan itu begitu panjang lebar, tetapi Pendeta Samuel T Gunawan menulis di bagian kesimpulan tulisan itu seperti ini :

Perceraian dalam ideal Allah tidak pernah dibenarkan, bahkan sekalipun oleh karena perzinahan.
Perzinahan adalah dosa dan Allah tidak menyetujui dosa maupun terputusnya pernikahan. Apa yang disatukan Allah, tidak boleh diceraikan oleh manusia (matius 19:6).

Pengampunan melalui pengakuan dosa membatalkan status keadaan yang berdosa dari orang yang diceraikan (Bandingkan Yeremia 1,14). Satu-satunya alasan mereka masih hidup dalam dosa setelah perceraian adalah bahwa perceraian itu merupakan suatu dosa. Dan selama mereka tidak mengakui dosa perceraian, mereka masih hidup dalam dosa. Tetapi jika mereka mengakui dosa mereka, Allah akan mengampuni seperti dosa yang lainnya (1 Yohanes 1:9).

Sekalipun perceraian tidak pernah dibenarkan, kadang-kadang hal itu diijinkan dan selalu ada pengampunan untuk itu.

Karena itu, mereka yang mengakui dosa perceraian dan bertanggung jawab untuk itu, harus diperbolehkan untuk menikah kembali. Tetapi pernikahan kembali mereka lakukan haruslah untuk seumur hidup.

Jika mereka gagal lagi, tidaklah bijaksana memperbolehkan mereka untuk terus mengulangi kesalahan ini. Hanya mereka yang condong untuk memelihara komitmen seumur hidup yang boleh menikah dan tidak merencanakan pernikahan kembali.

Pernikahan adalah lembaga yang sakral dan tidak boleh dicemarkan oleh perceraian, khususnya oleh perceraian yang terjadi berulang kali (bandingkan Ibrani 13:4). Dan orang Kristen harus melakukan segala sesuatu dengan sekuat tenaga untuk mengangungkan standar Allah mengenai pernikahan monogami seumur hidup, karena ini adalah idealnya Allah (Matius 19:5-6).

Akhirnya, orang percaya yang bercerai dan atau menikah kembali jangan merasa kurang dikasihi oleh Tuhan bahkan sekalipun perceraian dan pernikahan kembali tidak tercakup dalam kemungkinan klausa pengecualian dari Matius 19:9.

Tuhan sering kali menggunakan bahwa ketidaktaatan orang-orang Kristen untuk mencapai hal-hal yang baik.

sumber: tribunnews.com


Name

Berita,643,Internasional,51,Nasional,410,Opini,197,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Setujukah Anda ? Pendeta Ini Beri Alasan Kenapa Penganut Kristen Protestan Bisa Menikah Lagi Usai Cerai Hidup
Setujukah Anda ? Pendeta Ini Beri Alasan Kenapa Penganut Kristen Protestan Bisa Menikah Lagi Usai Cerai Hidup
https://1.bp.blogspot.com/-drCl-pIMCGU/XHaTKkm9DbI/AAAAAAAAXTM/yEYOXSHl22kTmlxz3_0ZJ6FtHhIcFlxegCLcBGAs/s640/bripda-puput-nastiti-devi_20180906_152014.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-drCl-pIMCGU/XHaTKkm9DbI/AAAAAAAAXTM/yEYOXSHl22kTmlxz3_0ZJ6FtHhIcFlxegCLcBGAs/s72-c/bripda-puput-nastiti-devi_20180906_152014.jpg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2019/02/gemparrrrrpendeta-ini-beri-alasan.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2019/02/gemparrrrrpendeta-ini-beri-alasan.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy