$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Breaking News: Dianggap Melanggar Syariat Islam, Pemerintah Aceh Akan RAZIA Warga Rayakan Tahun Baru

GELORA BANGSA -Usia 2018 tinggal beberapa jam saja. Seperti yang sudah-sudah, bunyi terompet hingga petasan/kembang api akan ramai di ...



GELORA BANGSA -Usia 2018 tinggal beberapa jam saja. Seperti yang sudah-sudah, bunyi terompet hingga petasan/kembang api akan ramai di udara malam hingga dini hari nanti.

Tapi, mungkin itu tidak terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Beberapa pemerintah daerah menyarankan warganya untuk tidak merayakan pergantian tahun sama sekali, bahkan akan dapat sanksi jika membandel.

Dalam berita yang dihimpun Tirto dari Antara dan situs resmi pemerintah, pemerintah daerah yang paling banyak melakukan itu ada di Pulau Sumatera.

 Dari ujung paling Barat, Pemprov Aceh mengeluarkan Surat Imbauan Nomor 003.2/30781 tertanggal 27 Desember 2018 yang ditandatangani Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

"Pesta kembang api, mercon/petasan, meniup terompet, balap-balapan kendaraan dan permainan maupun kegiatan hura-hura lainnya tidak sesuai dengan syariat Islam, adat istiadat, dan budaya Aceh," demikian salah satu poin imbauan yang dituangkan dalam surat bernomor 003.2/30781 tanggal 27 Desember 2018, seperti dilansir dari laman Humas Pemprov Aceh, Senin (31/12/2018).

Ramli melarang warga untuk pergi ke pantai, menggelar konser musik, hingga menyalakan kembang api.

Pemerintah pun akan merazia keberadaan mercon dan terompet. Aturan ini juga berlaku untuk warga non-muslim.

Hal serupa berlaku di Sabang, Aceh. Wali Kota Sabang, Nazaruddin, mengatakan pelarangan dilakukan karena ia ingin Sabang jadi kota wisata Islami.

"Tidak boleh ada perayaan malam tahun baru dalam bentuk apa pun, kami ingin menciptakan Kota Sabang sebagai kota wisata yang Islami," kata Nazaruddin melalui Kepala Bagian Umum dan Humas, Bahrul Fikri.

Razia tidak hanya berlaku di Aceh Barat. Pemerintah kota Banda Aceh pun ikut melakukan hal yang sama.

"Kami akan razia terompet, kembang api, dan lainnya yang berkaitan dengan perayaan malam tahun baru," kata Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman.

Wali Kota Banda Aceh pun melarang perayaan tahun baru di hotel, restoran, kafe, dan tempat publik lain.

Pemerintah mengancam akan mencabut izin usaha mereka jika melakukan itu. Hal ini dilakukan, lagi-lagi, karena alasan adat dan agama.

"Kami tiada henti mengimbau masyarakat agar tidak merayakan tahun baru masehi dalam bentuk apa pun. Aceh memiliki adat istiadat Islam yang kental, dan perayaan tahun baru masehi bukan perayaan tahun baru Islam," pungkas Aminullah Usman.

Keluar dari Aceh, Pemerintah Riau juga melarang hal serupa. Bedanya, itu tak berlaku umum.

Dalam surat edaran yang dilansir dari situs resmi Riau, Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menyatakan pelarangan berlaku untuk pegawai negeri, organisasi perangkat daerah, tenaga harian lepas, perguruan tinggi, organisasi masyarakat, hingga paguyuban. Larangan berupa menyalakan kembang api dan meniup terompet.

"Tidak merayakan malam tahun baru dalam bentuk hiburan maupun menyalakan kembang api, petasan, dan peniupan terompet," begitu kutipan Surat edaran bernomor 210/SE/2018 tersebut.

Sumber: tirto.co.id



Name

Berita,643,Internasional,51,Nasional,410,Opini,197,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Breaking News: Dianggap Melanggar Syariat Islam, Pemerintah Aceh Akan RAZIA Warga Rayakan Tahun Baru
Breaking News: Dianggap Melanggar Syariat Islam, Pemerintah Aceh Akan RAZIA Warga Rayakan Tahun Baru
https://2.bp.blogspot.com/-zJXhorf5-2c/XCoS3b1ICpI/AAAAAAAAEdI/vNvYDHIokagO0DQHsOsIL53pOcXpFYdgQCLcBGAs/s640/59DB4614-9574-47D4-ACE3-AE2B17B07291.jpeg
https://2.bp.blogspot.com/-zJXhorf5-2c/XCoS3b1ICpI/AAAAAAAAEdI/vNvYDHIokagO0DQHsOsIL53pOcXpFYdgQCLcBGAs/s72-c/59DB4614-9574-47D4-ACE3-AE2B17B07291.jpeg
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2018/12/breaking-news-dianggap-melanggar.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2018/12/breaking-news-dianggap-melanggar.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy