$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Tangkap Pelakunya !! Ini Kejanggalan Seleksi CPNS Kemenriset-Dikti Yang Bisa Mencoreng Nama Jokowi dan Pemerintah

GELORA BANGSA - Sebagian besar instansi pusat dan daerah yang mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah menyelesaik...

Tiga Kejanggalan Seleksi CPNS Kemenristekdikti Versi Peserta

GELORA BANGSA - Sebagian besar instansi pusat dan daerah yang mengadakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah menyelesaikan tahapan Seleksi Administrasi. 

Data terakhir Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan sekitar 573 ribuan pelamar gagal ke tahapan seleksi selanjutnya.

Sebagian peserta menganggap seleksi ini mengecewakan karena ada sejumlah kejanggalan. 

Aparat penegak hukum harus bisa memproses jika benar terbukti ada KKN dibalik kejanggalan tersebut.

Sebab hal itu sangat berdampak buruk terhadap citra pemerintah.

pertama, ribuan orang dinyatakan tak mengirim berkas tepat waktu, padahal, kata dia, mereka telah mengirim berkas sebelum batas akhir penerimaan yaitu tanggal 17 Oktober 2018. 

Berkas itu bahkan telah diterima dua panitia yang saat itu bertugas.

"Peserta hampir 5.000-an yang dinyatakan tidak lolos dengan alasan berkas tidak diterima sampai batas waktu yang ditentukan sedangkan bukti tracking pos berkas sudah diterima panitia [Nino dan Ninu] sebelum batas waktu itu," ujarnya, pada Sabtu (3/10).

Kedua, soal kualifikasi pendidikan yang disebut tak sesuai. 

Menurut dia alasan ini tak masuk akal karena sebagian besar dari mereka yang ditolak berlatar pendidikan S2 yang tak mungkin gagal memahami soal persyaratan itu. 

Dari informasi yang ia dapat, tak ada peserta yang mendaftar formasi tak sesuai dengan jurusannya.

"Bahkan ada lulusan luar negeri, kampus yang bergengsi, enggak lolos juga dengan alasan kualifikasi pendidikan enggak sesuai. Padahal dia sudah melampirkan bukti penyetaraan yang diminta Dikti. Kan sayang sekali ya mbak, lulusan yang berkualitas malah enggak lolos di tahap administrasi," ucap Ida.

Ketiga, lanjutnya, Kemenristekdikti berulang kali meralat persyaratan. Hal ini menimbulkan kebingungan tersendiri di kalangan pelamar CPNS. 

Mereka jadi bingung apa yang menyebabkan peserta lain lolos sedangkan mereka yang mengikuti aturan tidak diloloskan.

Lihat juga: Delapan Instansi Belum Umumkan Seleksi Administrasi CPNS 2018
Pihak Kemenristekdikti dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri belum menanggapi perihal kejanggalan-kejanggalan di atas. 

Rencananya Kemenristekdikti akan melakukan audiensi protes CPNS hari ini, Senin (5/11).

Kemenristekdikti diketahui membuka pendaftaran CPNS 2018 dengan total kuota 9.692 formasi yang terdiri dari 8.366 jalur umum, 1.008 jalur cumlaude, tiga diaspora, 199 disabilitas, dan 116 putra/putri Papua.

Sumber: CNN Indonesia


Name

Berita,577,Internasional,51,Nasional,344,Opini,197,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Tangkap Pelakunya !! Ini Kejanggalan Seleksi CPNS Kemenriset-Dikti Yang Bisa Mencoreng Nama Jokowi dan Pemerintah
Tangkap Pelakunya !! Ini Kejanggalan Seleksi CPNS Kemenriset-Dikti Yang Bisa Mencoreng Nama Jokowi dan Pemerintah
https://akcdn.detik.net.id/visual/2018/10/26/768529e1-d922-4465-9635-4dab4be28740_169.jpeg?w=650
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2018/11/tangkap-pelakunya-ini-kejanggalan.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2018/11/tangkap-pelakunya-ini-kejanggalan.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy