$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Ngeri, Tugu Monas Ternyata Diyakini Sebagai Lambang Sosok Makhluq Paling Ditakuti Umat Islam

GELORA BANGSA -Tugu Monas, disebutkan berbentuk lingga-yoni hal tersebut tentu saja mengerikan mengingat Lingga-yoni merupakan simbol ilumin...

GELORA BANGSA -Tugu Monas, disebutkan berbentuk lingga-yoni hal tersebut tentu saja mengerikan mengingat Lingga-yoni merupakan simbol iluminati pengikut dajjal yang ditakuti umat Islam.

Dalam "Tugu Nasional-Laporan Pembangunan" yang diterbitkan tahun 1978, disebutkan, selain lambang kesuburan pria dan perempuan (Lingga-yoni), bentuk tugu itu melambangkan alu dan cawan, alat penting yang dimiliki rakyat Indonesia, khususnya di pedesaan. 

Bisa pula tugu dan cawan itu perlambang negatif-positif, siang-malam, baik buruk dan dua sisi yang selalu abadi di dunia.

Menurut makalah "LOKASI WORKSHOP SITUS SPESIFIK ZONA PERTARUNGAN - ARENA: JAKARTA BIENNALE 2009 - Monumen Nasional" gagasan awal pembangunan Monas muncul setelah 9 tahun kemerdekaan diproklamirkan.

Beberapa hari setelah HUT ke-9 RI, dibentuk Panitia Tugu Nasional yang bertugas mengusahakan berdirinya Tugu Monas.

 Panitia ini dipimpin Sarwoko Martokusumo, S Suhud selaku penulis, Sumali Prawirosudirdjo selaku bendahara dan dibantu oleh empat orang anggota masing-masing Supeno, K K Wiloto, E F Wenas, dan Sudiro.

Dalam buku 'Bung Karno Sang Arsitek' karya arsitek Yuke Ardhiati, Sukarno menggelar sebuah sayembara terbuka tentang desain sebuah tugu yang akan dibangun di Jakarta pada 17 Februari 1955.

Ada 51 arsitek yang mengajukan rancangan, dan hanya satu yang dipilih, yakni karya Frederich Silaban, meski sebenarnya desainnya dinilai tak memenuhi syarat bangunan tugu.

Sayembara kembali dibuka pada 10-15 Mei 1960. Kali ini pesertanya mencapai 222 orang dengan 136 desain bangunan.

Sayang, tak ada satupun yang memenuhi keinginan Sukarno. 

Waktu itu arsitek lulusan Technische Hogeschool―kini Institut Teknologi Bandung―itu menginginkan bangunan tugu yang mencerminkan revolusi serta kepribadian dan cita-cita rakyat Indonesia.

Tugu itu, haruslah memiliki syarat yakni bentuk tugu yang dibangun benar-benar bisa menunjukan kepribadian bangsa Indonesia, bertiga dimensi, tidak rata, tugu yang menjulang tinggi ke langit, dibuat dari beton dan besi serta batu pualam yang tahan gempa, tahan kritikan zaman sedikitnya seribu tahun serta dapat menghasilkan karya budaya yang menimbulkan semangat kepahlawanan.

"(Bangunan) yang mencerminkan hal yang bergerak, yang dinamis dalam satu bentuk daripada materi yang mati,” kata Sukarno waktu itu, seperti dikutip dalam buku Bung Karno Sang Arsitek karya Yuke Ardhiati.

Di hadapan peserta sayembara, Sukarno mengakui sulitnya mewujudkan ide itu dalam bentuk desain bangunan. 

Akhirnya, rancangan yang pernah diajukan Silaban diambil alih oleh Sukarno dan Raden Mas Soedarsono untuk dimodifikasi. 

Hasilnya, jadilah Tugu Monumen Nasional atau Monas seperti yang sekarang ini.

Tugu Monas mulai dibangun pada 17 Agustus 1961. Bangunan itu memiliki ketinggian 132 meter dengan bentuk menyerupai modifikasi artefak Lingga dan Yoni. 

Lingga merupakan simbol seorang pria, dan Yoni sebagai simbol perempuan atau kesuburan.

sumber: detik.com


Name

Berita,577,Internasional,51,Nasional,344,Opini,197,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Ngeri, Tugu Monas Ternyata Diyakini Sebagai Lambang Sosok Makhluq Paling Ditakuti Umat Islam
Ngeri, Tugu Monas Ternyata Diyakini Sebagai Lambang Sosok Makhluq Paling Ditakuti Umat Islam
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2018/11/ngeri-tugu-monas-ternyata-diyakini.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2018/11/ngeri-tugu-monas-ternyata-diyakini.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy