$type=grid$meta=0$readmore=0$snippet=0$count=3$show=home

Anaknya Hilal Kerap Makan Mie Instan, Ibu Asal Garut Ini Tak Menyangka Hal Tragis Ini Terjadi...

GELORA BANGSA -  Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usus Dipotong akibat Kebanyakan Mi Instan (1)". Maksu...



GELORA BANGSAArtikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Usus Dipotong akibat Kebanyakan Mi Instan (1)".

Maksud hati membantu suami menambah penghasilan, apa daya anak jadi korban.

Berikut cerita Erna:

Saat usia Hilal menginjak 2 tahun, aku memutuskan bekerja, membantu keuangan keluarga mengingat penghasilan suamiku, Saripudin (39), kurang mencukupi kebutuhan keluarga. 

Aku bekerja di perusahaan pembuat bulu mata palsu, tak jauh dari rumah kami di Garut. 

Kamis, 20 November 2008, Hilal mengeluh sakit perut. Kupikir sakit biasa. 

Anehnya, setelah tiga hari, sakitnya tak kunjung hilang dan ditambah ia tidak bisa buang air besar. Gara-gara itulah perutnya membesar. 

Khawatir, kubawa Hilal ke mantri dekat rumah. Karena tetap tidak ada perubahan, kami kemudian membawanya ke RSU Dr Slamet, Garut. 

Hasil tes darah dan rontgen memperlihatkan, Hilal harus segera dioperasi karena beberapa bagian di ususnya bocor dan membusuk. 

Ketika kutanyakan apa penyebabnya, dokter menjawab, akibat dari kandungan makanan yang Hilal konsumsi selama ini tidak sehat dan membuat ususnya rusak. 

Saat itulah kutahu Hilal terlalu sering menyantap mi instan. Astagfirullah…. 

Atas rujukan dokter, kami kemudian membawa Hilal ke RS Hasan Sadikin, Bandung, dengan alasan peralatan medis di RS itu lebih lengkap. 

Sejak awal, tim dokter sudah pesimistis dengan kondisi Hilal yang begitu memprihatinkan dengan berat badan yang tidak sampai 11 kg. 

Dokter juga bilang, dari puluhan kasus serupa, hanya tiga orang yang bertahan hidup. 

25 November 2008 operasi dilakukan, Dokter mengamputasi usus Hilal sekitar 10 cm. Untuk menyatukan bagian usus yang terputus itu, dokter menyambungnya dengan usus sintetis. 

Selain itu, dokter juga membuat lubang anus sementara (kolostomi) di dinding perut sebelah kanan. 

Tiga hari kemudian, dokter menemukan masih ada bagian usus yang bocor. 

Mau tidak mau, Hilal harus kembali naik ke meja operasi dan merelakan sebagian ususnya lagi. 

23 Juli 2009, operasi penutupan dilakukan. Apalagi kalau bukan masalah biaya. Itu pun bisa dilakukan karena kami dapat bantuan dari sebuah stasiun televisi swasta sebesar Rp 14 juta. 

Soal utang ke keluarga dan tetangga sebesar Rp 16 juta, entah kapan bisa kami selesaikan. 


Name

Berita,696,Internasional,57,Nasional,457,Opini,198,
ltr
item
GELORABANGSA.COM: Anaknya Hilal Kerap Makan Mie Instan, Ibu Asal Garut Ini Tak Menyangka Hal Tragis Ini Terjadi...
Anaknya Hilal Kerap Makan Mie Instan, Ibu Asal Garut Ini Tak Menyangka Hal Tragis Ini Terjadi...
https://1.bp.blogspot.com/-FT-r9wU9tgs/W8cxumq-bBI/AAAAAAAAD1o/EtnR99JYcyUvxyronE3-beeeYtp5w8xiACLcBGAs/s640/Untitled.png
https://1.bp.blogspot.com/-FT-r9wU9tgs/W8cxumq-bBI/AAAAAAAAD1o/EtnR99JYcyUvxyronE3-beeeYtp5w8xiACLcBGAs/s72-c/Untitled.png
GELORABANGSA.COM
https://www.gelorabangsa.com/2018/10/anaknya-hilal-kerap-makan-mie-instan.html
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/
https://www.gelorabangsa.com/2018/10/anaknya-hilal-kerap-makan-mie-instan.html
true
8720628738510203021
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy